Pembangunan Infrastruktur Optimalkan Pelayanan dan Perekonomian Desa

bandungekspres.co.id, KUTAWARINGIN – Pemerintahan Desa Cilame, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, terus melaksanakan pembangunan. Mulai dari pembangunan kantor desa dan  infrastruktur jalan. Bahkan di bidang kesehatan dan pendidikan juga jadi prioritas utama. Demikian halnya dengan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian warga.

Kepala Desa Cilame, Kecamatan Kutawaringin, Alo Sobirin mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung H. Dadang M. Naser dan Kepala Badan Pemberdayaan Masayarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) yang telah memuluskan perjalannya membangun desa yang dipimpinnya itu.

”Segala bidang pembangunan di lingkungan pemerintahan desa akan menghasilkan pelayanan yang optimal. Secara otomatis akan menggenjot perekonomian warga jadi semakin meningkat,” jelas Alo kepada Bandung Ekspres (Jabar Ekspres group) saat ditemui di kantornya kemarin ( 2/8).

Menurutnya, pembangunan kantor desa terus digenjot. Gedung kantor Desa Cilame baru pindah lokasi dari semula di lokasi perbatasan dengan Buni Nagara. Mengingat pelayanan masyarakat harus optimal, kata dia, pembangunan kantor desa menjadi prioritas. Selain pembangunan kantor desa, dirinya juga tidak meninggalkan pembangunan yang lain, karena hal itu sudah merupakan rencana program tahunan.

”Selain merupakan program tahunan, pemerintahan Desa Cilame juga melaksanakan pembangunan. Salah satu yang sedang dilaksanakan tahun sekarang adalah merupakan kebutuhan masyarakat dalam mendorong perekonomian warganya. Seperti pembangunan jembatan Pasir Astana, draenase di jalan Gunung Putri, dan TPT Gantung di Parakan Panjang. Seluruh pembangunan tersebut menggunakan bantuan pemerintah kabupaten ataupun pusat yang diberikan melalui pemerintahan Desa Cilame,” paparnya.

Anggaran bantuannya pun yakni melalui Dana Desa (DD) sumber APBN dan Alokasi Dana Perimbangan Desa (ADPD) sumber APBD Kabupaten Bandung, Alo menambahkan, mengingat rencana program tahunan Desa Cilame masih ada. Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada pemerintah agar merealisasikan semua ajuan yang diajukan masyarakat melalui pemerintahan desa. Selain untuk kebutuhan dalam hal pelayanan publik, pembangunan infrstruktur juga bisa mendorong perekonomian warga sekitar.

”Dengan adanya infrastruktur jalan yang bagus, pembangunan sarana penunjanglainnya bagus masyarakat akan merasa nyaman dalam menjalankan rutinitas dibidangnya masing masing,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan