Pembangunan Butuh Peran dari Ormas

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Bupati Bandung Barat Abubakar menegaskan bahwa dalam proses pembangunan tidak bisa mengandalkan pemerintah. Tetapi harus ada partisipasi masyarakat melalui peran aktif berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Menurutnya, Ormas berfungsi sebagai Kontrol Sosial dalam mengawasi kinerja pemerintah. ”Kami menyadari bahwa masih banyak harapan masyarakat yang belum bisa terpenuhi akibat berbagai keterbatasan yang dimiliki pemd,” terang Abubakar dalam Pelantikan Pengurus LSM Gabungan Inisiatif  Barisan Anak Siliwangi(GIBAS) Bandung Barat di Lembang, kemarin (1/11).

”Peran para ormas, OKP dan LSM untuk meminimalisir kesenjangan dan memenuhi berbagai harapan masyarakat,” imbuhnya.

Seluruh Ormas, OKP dan LSM harus bisa menjadi pelindung dan penyejuk masyarakat. Sehingga, lanjut dia, bisa mengapresiasi berbagai harapan masyarakat.

Hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat beserta organisasi kemasyarakatan agar mampu bersaing. Terutama dalam menghadapi kompetisi maha hebat pada era pasar bebas yang kini tengah berlangsung.

“Dengan keterlibatan mereka, saya optimis bisa menata hari esok yang lebih baik dengan dukungan dari semua pihak yg ada di Bandung Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua GIBAS Bandung Barat Rudi Irianto meminta seluruh anggotanya untuk senantiasa bekerja dan bersinergi dengan Pemda. Hal ini sebagai dukungan dalam jalannya roda pembangunan.

”Jika tidak mau bekerja secara nyata, lebih baik berhenti dari keanggotaan GIBAS,” tegas pria yang akrab disapa Jack.

Dan dalam bersinergi dengan pemerintah, pihaknya akan tetap jaga nama baik ormas. Caranya, lanjut dia, dengan mennghilangkan sikap anarkisme yang dapat mencoreng nama baik dan eksistensi Gibas. (drx/hms/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan