Pelukis 2016 Detik Raih Original Rekor Indonesia

bandungekspres.co.id– Original Rekor Indonesia Award (ORI) memberikan penghargaan kepada Pelukis Cimahi Bahar Malaka yang dianggap telah menghasilkan karya lukis pertama di Indonesia pada 2016. Penghargaan diberikan langsung pimpinan ORI Agung Elvianto usai pelukis eksentrik tersebut menyelesaikan karyanya pada Pukul 00.016, 1 Januari 2016, di Pendopo DPRD Kota Cimahi. ”Kami memberikan penghargaan ini karena ide kreatif yang dilakukan Bahar Malaka merupakan kegiatan unik yang belum tentu terjadi di kota lainnya di Indonesia, karenanya kami memandang layak memberikan apresiasi kepadanya,” terang Agung, usai pelaksanaan kegiatan yang bertajuk Sapuan Warna 2016 Detik Karya Bahar Malaka Jum’at (1/1) dini hari.

Menurut Agung, lukisan yang dibuat Bahar Malaka merupakan lukisan terakhir tahun 2015 dan yang pertama pada 2016. Selain kepada Bahar Malaka, penghargaan ORI juga diberikan kepada Harian Bandung Ekspres Biro Cimahi Ekspres yang telah memberikan dukungannya dalam mengembangkan ide kreatif Pelukis Cimahi ini. ”Penghargaan juga kami berikan kepada DPRD Kota Cimahi, karena sudah mau memfasilitasi kegiatan warga Cimahi ini untuk merealisasikan ide kreatifnya,” paparnya.

Kepala Biro Cimahi Ekspres yang juga Ketua Cimahi Creative Forum (CCF) Bubun Munawar mengatakan, pihaknya memberikan dukungan kepada pelukis Bahar Malaka. Hal ini karena selain gagasan kreatifnya, juga karena dilakukan secara swadaya tanpa meminta bantuan dan dukungan dana kepada pihak lain, apalagi kepada pemerintah.

”Semangat kemandirian inilah yang menarik bagi saya, karena dia mampu menginspirasi untuk menghasilkan karya tanpa harus menunggu bantuan selagi ada waktu dan kesempatan, melahirkan karya bisa direalisasikan kapan saja,” jelasnya.

Sementara itu, Bahar Malaka mengungkapkan, karya lukisnya bertemakan Hijrah sebagai makna menuju kearah yang lebih baik. Lukisan tersebut digarap selama 2016 detik atau 33,6 jam sejak Rabu (30/12/2015) sore dan diselesaikan pada Pukul 00.00 (1/1/ 2016). ”Saya hanya ingin menginspirasi kepada siapapun melalui karya yang saya buat ini,” pungkasnya. (mgc1/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan