Pelaku UKM Harus Melek Teknologi

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Pelaku Usaha Kecil Mikro di Kota Cimahi harus menguasai teknologi untuk meningkatkan pemasaran produk barang atau jasanya.

Anggota DPRD Kota Cimahi, Siti Yanti Abhitini mengatakan, agar para pelaku UKM bisa memanfaatkan teknologi tersebut, DPRD Cimahi memberikan wawasan kepada para pelaku UKM di Cimahi, seperti  melaluiSeminar e-Bisnis.

”Kami mendorong agar UKM di Cimahi bisa berkembang dan mampu menembus pasar yang lebih luas lagi, karenanya belum lama ini kami melakukan seminar e-bisnis yang diikuti ratusan pelaku UKM yang hadir dalam kegiatan bertema ’Optimalisasi Potensi Bisnis Melalui Teknologi e-Bisnis Berbasis Gotong Royong’,” terangnya, kemarin.

Menururt  Yanti, seminar e-bisnis merupakan inisiatif dewan untuk membantu perkembangan UKM di Cimahi. Apalagi di era digital ini, teknologi bisa membuka ruang untuk pemasaran produk. Dengan teknologi, pemasaran akan pesat karena ruangnya tanpa batas. ”Berbeda jika masih manual, dimana pelaku dalam memasarkan produknya hanya terbatas saat pameran atau door to door. Makanya agar pangsa pasar pelaku UKM luas, mereka harus melek teknologi, caranya dengan memasarkan produk lewat sistem e-bisnis,” jelasnya

Dari 3000 pelaku UKM di Cimahi, saat ini belum seluruhnya memanfaatkan teknologi seperti jualan online. Hal ini karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti SDM, sarana teknologi dan lainnya. ”Masih banyak pelaku UKM yang belum mengerti caranya, makanya dengan seminar ini mereka bisa lebih mengerti karena dikasih pembekalannya,” ujarnya.

Selain seminar, dewan pun mendorong pelaku UKM dengan era digital fair, saat ini sedang dalam persiapan. Pemkot Cimahi pun diharapkan segera melakukan langkah, salah satunya dengan melakukan pembinaan hingga produk yang dibuat para pelaku UKM bisa bersaing. ”Hal yang bisa dlakukan adalah melakukan pembinaan dalam hal kemasan, perizinan UKM dan lainnya,” katanya. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan