Pasokan PDAM Tirta Pakuan Terus Berkurang

Salahkan Air Keruh dan Sampah

bandungekspres.co.id – Sejumlah warga mengeluhkan, pasokan air dari PDAM Tirta Pakuan yang terus berkurang sejak Jumat (12/3) hingga kemarin. Teddy Santika, 53, warga RT 06/03, Perumahan Tirtamas, Kelurahan Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sareal mengungkapkan, pasokan air tak lancar sejak Jumat (11/3) malam.

Akibatnya, kata dia, aktivitas rumah tangga seperti mandi, masak, hingga mencuci terhambat. Dia berharap, agar PDAM Tirta Pakuan mampu mengatasi masalah sehingga warga tidak dirugikan oleh kondisi tersebut. “Kami sudah menunaikan kewajiban, dan hak kami untuk mendapatkan pelayanan dengan baik,” tukas Teddy.

Menanggapi masalah tersebut, Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya mengakui, pasokan air bersih kepada sebagian pelanggan di zona 3 dan 4 mengalami gangguan sejak Sabtu dan Minggu (12-13/3) lantaran level Reservoir Pajajaran drop mengalami penurunan kapasitas produksi.

“Penurunan kapasitas produksi ini karena tingginya angka kekeruhan dari air baku Sungai Cisadane. Jika, saat musim hujan seperti sekarang ini, angkanya bisa mencapai 1000 NTU dari kondisi normal 50 NTU,” ujar Deni kepada Radar, kemarin.

Dia mengatakan, akibat hujan deras yang terjadi beberapa hari lalu, mengakibatkan banyak sampah yang terbawa arus Sungai Cisadane ke Intake Ciherang Pondok. Sehingga, itu juga menjadi masalah serius. “Bar screen pada bangunan penyadap air di Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor itu tersangkut tumpukan sampah, sehingga mengurangi debit air ke IPA Dekeng,” kata Deni.

Dia menambahkan, kebanyakan sampah yang nyangkut di screen adalah sampah domestik. Tak jarang, petugas PDAM menemukan kasur bekas, rating pohon, dan lain-lain. “Kami terus membersihkan tumpukan sampah, siang dan malam,” kata Deni.

Guna meminimalisir masalah tersebut, dia menegaskan sudah memerintahkan jajaran Direktorat Teknik untuk mengoperasikan Intake Cipaku. “Diharapkan, pengoperasikan Intake Cipaku mampu memaksimalkan pelayanan di Zona III,” tukas Deni.

Selain itu, dia juga mengatakan bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan air bersih gratis melalui tangki, pihaknya mengimbau untuk menghubungi Call Center PDAM Tirta Pakuan.

“Pelanggan bisa menghubungi 0251-8324111, namun suplai air gratis ini dilakukan bergilir karena jumlah mobil tangki terbatas,” tambah Deni. (rub/c/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan