Jabar Optimistis Jadi yang Terbaik

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat optimistis mampu meraih titel juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang akan digelar di 16 kota/kabupaten di Jabar pada 17-29 September mendatang. Hal ini merujuk pada kemampuan atlet Jabar di beberapa cabang olahraga yang dinilai masih unggul dibandingkan provinsi lain.

Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin menuturkan, saat ini hampir 100 persen kontingen provinsi peserta PON XIX/2016 sudah berada di Tanah Pasundan untuk memantau kekuatan kontingen tuan rumah. Bahkan tidak sedikit para atletnya berlatih bersama atlet Jabar di lokasi yang sama.

”Seperti di Dayung, yang latihan di Cipule maupun di Purwakarta tidak hanya tim Dayung Jabar, tapi ada juga tim provinsi lain. Kita tidak masalah soal itu karena kemampuan atlet itu tidak bisa diukur hanya dalam beberapa hari atau beberapa pekan saja. Tapi ini proses yang panjang,” ujar Ahmad saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung.

Selain itu, Ahmad menilai, perbandingan kekuatan dari provinsi Jabar dengan provinsi pesaing lainnya masih unggul para atlet Jabar. Diantaranya di 13 cabang olahraga yang memperebutkan banyak medali emas di PON XIX/2016. Seperti cabang olahraga renang, dayung, maupun cabang olahraga beladiri.

”Perbandingan kekuatannya memang tidak terlalu signifikan, tapi atlet kita masih unggul dibanding provinsi lain. Seperti dengan pesaing terberat kita Jatim di cabang olahraga layar, mereka sampai mendatangkan tiga pelatih luar negeri untuk menggenjot kemampuan atletnya. Tapi kita tidak gentar karena atlet kita masih unggul dibanding atlet mereka dan itu terlihat dari catatan waktu,” paparnya.

Ahmad pun cukup yakin dengan kemampuan atlet Jabar yang terus mengalami peningkatan dari setiap proses latihan yang dilakukan. Bahkan kemampuan atlet dari sisi teknik dan fisik, terus didukung dengan pemenuhan kebutuhan atlet hingga dukungan moril melalui suntikan semangat dan doa.

”Dan salah satunya, kita menyalurkan bantuan dari para atlet untuk anak yatim pada saat bulan puasa lalu. Dengan dukungan doa anak yatim, semua masyarakat olahraga Jabar dan masyarakat Jabar pada umumnya, saya yakin atlet Jabat bisa menorehkan tinta emas pada PON XIX nanti. Saya yakin Jabar jadi juara umum dengan dukungan penuh semua masyarakat bagi para atlet,” pungkasnya. (kon/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan