Neville-Moyes 2.0

7 Barcelona vs Valencia 0

bandungekspres.co.id– Bahkan David Moyes yang sering menjadi sasaran bully fans sepak bola karena kegagalannya di Manchester United, bisa lebih baik daripada Gary Neville. Moyes merupakan sosok asal Britania Raya terakhir yang jadi pelatih di La Liga sebelum Neville.

Neville bersama Valencia hanya mencatat 4 kemenangan dari 15 laga di semua ajang. Persentase menangnya hanya 26,67 persen sejak melatih Los Che, julukan Valencia pada 6 Desember 2015. Puncaknya, saat dibantai Barcelona 0-7 di first leg perempat final Copa del Rey kemarin dini hari.

Bukan hanya lebih buruk daripada Moyes, Neville juga lebih buruk daripada pelatih yang digantikannya, Nuno Espirito Santo, dalam delapan laga terakhirnya. Parahnya lagi, Neville membuat Valencia harus mencatat rekor memalukan.

Ya, kalah dengan selisih tujuh gol. Kali terakhir mereka mengalami kekalahan seperti itu pada 76 tahun lalu, tepatnya pada 13 Oktober 1940. Saat itu, Valencia dibantai Sevilla 3-10. Sama-sama selisih tujuh gol, tapi setidaknya berikan perlawanan.

Kemarin dini hari di Camp Nou, Valencia benar-benar dibuat tak berkutik oleh Barcelona. Luis Suarez dan Lionel Messi berpesta gol. Suarez menyarangkan empat gol pada menit ketujuh, 12, 83, dan 88. Sedangkan, Messi menyarangkan tiga gol di menit ke-29, 59, dan 74.

Nyaris saja lebih hanya gol bersarang di gawang Valencia yang dikawal Mathew Ryan. Beruntung, eksekusi penalti Neymar pada menit ke-45 hanya membentur tiang gawang kiri Valencia.

Terjadinya pesta gol Barcelona itu tidak lepas dari Valencia yang hanya bermain sepuluh orang. Itu terjadi lantaran bel Valencia Shkodran Mustafi yang terkena kartu merah oleh wasit Ignacio Iglesias pada akhir babak pertama.

Mustafi diusir dari lapangan lantaran melanggar keras Messi. Dia pun merasa bersalah atas kekacauan itu. ”Hasil ini bakal membuat kami terpuruk di depan fans. Namun, seberat apapun, kami harus bangkit dan meraih hasil apik,” ucap Mustafi sebagaimana diberitakan AS kemarin.

Kemarahan ditampakkan Direktur Olahraga Valencia Jesus Garcia Pitarch. Dia menyebut laga kemarin dini hari sebagai permainan terburuk Valencia musim ini. Kekacauan yang akan berdampak pada kehilangan kepercayaan fans.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan