Netty: Puasa Jangan Sampai Ganggu Aktivitas Kerja

bandungekspres.co.id – SEBAGIAN orang kerap bermalas-malasan ketika menjalani puasa. Alasannya, kurang asupan makanan untuk tubuh. Lantasi bagaimana Netty Prasetiyani Heryawan saat memandang puasa Ramadan?

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A)  Jawa Barat tersebut mengingatkan aktivitas jangan sampai berkurang meski sedang menjalani puasa.

”Kalau kita bercermin di zaman Rosul, pada saat bulan puasa Nabi Muhammad malah melakukan perang,” kata Netty sekaligus istri dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Pakuan, kemarin (3/5).

”Perang yang dijalani Nabi Muhammad saat itu, di antaranya perang badar dan penyerahan Kota Taif,” tambahnya.

Ramadan sendiri, kata dia, memiliki arti kata membakar. Netty mengartikan ketika bulan puasa manusia tidak boleh bermalas-malasan, bahkan harus lebih giat lagi. ”Apalagi Allah sendiri memberikan pahala yang melimpah ketika manusia melakukan amal,” ujarnya.

Ketika menghadapi Ramadan, Netty mengaku, selalu berpikir Ramadan kali ini merupakan Ramadan terbaik yang dilakukan oleh dirinya. Sehingga setiap kali puasa, pihaknya selalu berlomba-lomba dalam kebaikan.

”Seperti membaca alquran. Berapa kali dalam Ramadan saya khatam,” katanya.

Dia mengatakan, jangan sampai umat muslim pada bulan puasa kali ini malah mendapatkan penyesalan. Seperti menyia-nyiakan waktu luang dengan cara bermalas-malasan, tidak melakukan tadarus, salat malam atau lain sebagainya.

Dia menjelaskan, adanya Ramadan sebagai salah satu cara dari Tuhan agar manusia bisa memperbaikan diri guna menghadapi 11 bulan kemudian.

Diakui, sebelum Ramadan banyak kalangan kerap menghadapi dinamika dalam kehidupan. Ujung-ujungnya membuat frustasi. ”Bulan Ramadan merupakan madrasah diklat untuk menambah energi menghadapi bulan selanjutnya,” ungkapnya.

Meski demikian, dia mengaku, P2TP2A tetap menerima pengaduan dari masyarakat saat Ramadan. Jangan sampai, kata dia, pada bulan puasa tutup dan tidak menerima pelayanan dan pengaduan terhadap masyarakat. ”Mari kita  berlomba-lomba berbuat amal di dalam bulan Ramadan kali ini,” pungkasnya. (nit/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan