Mulai Bentuk Tim Pembebasan Lahan

bandungekspres.co.id, SUBANG – Pasca penetapan pembangunan Pelabuhan Patimban sebagai proyek strategis nasional, Pemkab Subang menggelar rapat bersama Dirjen Perhubungan di aula Desa Patimban, Selasa (21/6). Rapat juga melibatkan perwakilan dari Pemprov Jabar.

Ditemui usai rapat, Plt Bupati Subang Imas Aryumningsih memastikan pelabuhan internasional akan dibangun di Kabupaten Subang, tepatnya di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara.

”Pembangunan akan dimulai 2017 mendatang. Pemkab Subang saat ini telah membangun jalan dari jalan nasional menuju laut Patimban,” ungkap Imas.

Selain itu, kata Imas, pihaknya juga sudah membentuk tim pembebasan lahan untuk pembanguann perkantoran pelabuhan. Lahan yang harus dibebaskan sekurang-kurangnya sekitar 4 hektare.

“Tadi kami bersama Dirjen Perhubungan membahas segala sesuatunya untuk pembangunan Pelabuhan Patimban tersebut,” jelas Imas.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Subang, Drs H Harlan Adinata menjelaskan, sebelumnya pemerintah daerah sedang membangun pelabuhuan regional. Tetapi kemudian muncul pembangunan pelabuhan internasional yang dilakukan pemerintah pusat.

”Hal tersebut berdasarkan instruksi bapak Presiden RI Joko Widodo. Keunggulan Subang dibanding daerah lain, karena sudah memiliki lahan untuk pembangunan kantor yaitu seluas 4 hektare, lalu didukung oleh jalan dari mulai jalur nasional yaitu Pantura menuju pelabuhan,” tutur Harlan.

Dikatakan Harlan, saat ini pemerintah sedang melakukan pengkajian berbagai aspek lingkungan, termasuk juga laut. ”Kajian untuk pembanguan pelabuhan harus selesai 2016. Karena 2017 dimulainya pembanguan pelabuhan tersebut,” pungkas Harlan.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, sebagai proyek strategis nasional.

Pelabuhan Patimban dimasukkan sebagai proyek strategis nasional menyusul ditandatanganinya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2016 tentang Penetapan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang sebagai Proyek Strategis Nasional.

”Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Desa Patimban, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional,” demikian dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet, Senin (13/6) lalu.

Disebutkan, penyelenggaraan Pelabuhan Patimban sebagai proyek strategis nasional meliputi kegiatan perencanaan, pembangunan, pengoperasian dan pengusahaan, pembinaan teknis dan pembinaan manajemen pengoperasian pelabuhan serta pembinaan untuk menjamin keselamatan pelayaran, dan lingkungan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan