Momentum Mantapkan Nilai Pancasila

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Peringatan HUT RI ke-71 mesti jadi momentum untuk memantapkan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. Seluruh nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
”Kami patut bangga karena sampai hari Indonesia masih menjadi sebuah bangsa dan Jawa Barat menjadi sebuah provinsi yang kokoh,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat Abdy Yuhana di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Barat kemarin (17/8).
Implementasi nilai-nilai Pancasila di antaranya dalam proses pengambilan keputusan harus mengedepankan musyawarah mufakat. Tak hanya itu, Indonesia yang notabene negara besar harus saling menghargai dan bertoleransi. ”Dalam membangun Jabar, kami menilai seluruh entitas tidak dapat berdiri sendiri, tetapi harus melakukan kerja sama yang baik dan kontributif bagi Jabar, serta bangsa dan negara umumnya dengan memegang teguh prinsip gotong royong,” ucap dia.
Sebagai partai pengusung utama pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, PDI Perjuangan akan terus mendukung Nawacita Jokowi-JK. Maka itu, dirinya menganggap adanya polemik di pemerintahan sebagai suatu yang wajar. ”Yang jelas di Jawa Barat manfaat pembangunan di era kepemimpinan Presiden Jokowi sudah terasa seperti pembangunan waduk Jatigede yang selama ini terbengkalai, juga jalan tol,” tandasnya.
Selain upacara, para pengurus dan kader DPD PDI Perjuangan Jawa Barat mengikuti sejumlah perlombaan khas 17 Agustus. Pantauan di lapangan, terlihat Sekretaris DPD PDIP Jabar Abdy Yuhana, Ketua Fraksi PDIP Jabar Waras Warsito, Ketua Komisi V DPRD Jabar Syamsul Bachri, serta pengurus lainnya, mengikuti lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan lomba balap bakiak. (a2/vil/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan