Momentum Idul Fitri jadi Cermin Toleransi Kebangsaan

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Momentum Idul Fitri menjadi inspirasi dalam menjaga kebersamaan dan memiliki toleransi kebangsaan sebagai modal   menghadapi masalah yang semakin berat dengan berbagai tantangan. Hal itu disampaikan Wali Kota Cimahi Atty Suharti, saat Shalat Idul Fitri di Masjid Agung Kota Cimahi, beberapa waktu lalu.

Menurut Atty, Cimahi membutuhkan suasana yang penuh kedamaian, keteduhan dan saling menjaga rumah kita, agar  bisa membangun lebih cepat  dan hasilnya bisa dipahami dan dimengerti oleh rakyat sebagai pengisi rumah. “Kita menyadari, luas Cimahi yang terbatas, Cimahi terbentuk sejak zaman belanda bukan sebagai kota hunian tapi diawali sebagai pusat pelatihan tentara  yang tidak dilengkapi dengan taman yang luas serta jalan jalan yang besar dan lebar, namun kita syukuri bahwa rumah kita yang serba terbatas dapat memilki otonomi untuk membangun sebagai mana layaknya kota kota lain di Indonesia,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sebelum Shalat Id umat Muslim melaksanakan pembayaran zakat fitrah dan zakat mal  sebagai pembersih diri dari pendapatan rizki kita, penghasilan dan harta, untuk mempersiapkan diri kita  kembali kepada fitrah kita, dengan membayar zakat untuk kita ikhlaskan membantu saudara-saudadara kita. “Kita berharap dan memohon agar  ibadah dan laku kita selama bulan Ramadan telah memenuhi syarat dan ketentuan. Kita berharap kebaikan-kebaikan lain yang kita lakukan di Ramadan mendapat pahala, selama  menjalankan tugas sesuai peran dan fungsi kita di tengah-tengah masyarakat,” ujar Atty.

Semoga ibadah, amal jariah dan kebaikan  selama bulan Ramadan, dalam suasana keshalehan sosial yang penuh dengan kehangatan dan perhatian sesama kita, saling menjaga kebaikan.  Tidak menebar keburukan dan fitnah terhadap orang lain bisa kita lakukan  di bulan bulan setelah bulan Ramadan.

Ulama dan umaro, rakyat, serta pemerintah, telah membangun kota selama ini, khususnya di tiga tahun terakhir ini telah menorehkan beberapa prestasi dan penghargaan  dari pemerintah provinsi dan pusat. Prestasi ini sebagai hasil kerja sama dan kita bersyukur, pada Allah di hari yang fitri ini, atas prestasi rumah kita, sekaligus kita memohon tambahan nikmat. “Nikmat lain untuk rumah kita Cimahi, dilancarkan dalam pembangunan, dimudahkan hasil pembangunan dan dilimpahkan rahmat berupa manfaat hasil pembangunan  untuk rakyat dan dibukakan pikiran dan hati kita dalam mensikapi pembangunan rumah kita Cimahi,” pungkasnya. (bun/vil)

Tinggalkan Balasan