Mobil Pancar Sudah Sering Rusak

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Untuk memaksimalkan kinerja, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi menginginkan tambahan armada baru. Saat ini yang dibutuhkan oleh Damkar Cimahi adalah mobil pancar.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Kota Cimahi Dodi Hudaya, kondisi mobil yang tersedia sudah sering rusak karena usianya sudah tua. ”Rata-rata mobil pancar yang ada saat ini keluaran tahun 2005-2006,” ungkap Dodi kepada wartawan ditemui di kantornya, kemarin (17/11).

Damkar Kota Cimahi, lanjut dia, mempunyai delapan unit mobil pancar. Dari jumlah tersebut, hanya empat yang bisa beroperasi, sisanya dalam perbaikan.

Selain mobil pancar, Damkar masih memiliki mobil lain, diantaranya satu unit mobil rescue dan dua unit mobil komando. Semuanya dalam kondisi baik dan layak jalan.

”Kondisi mobil pancarnya banyak yang rekondisi. Seharusnya sudah diganti,” ujarnya.

Untuk penambahan armada, dia mengaku sudah mengajukan pengadaan mobil baru kepada Pemerintah Kota Cimahi, namun hingga saat ini belum terealisasi.

Sementara jumlah armada yang ada di Kota Cimahi, lanjut dia, belum ideal. Rasio perhitungannya adalah satu unit mobil damkar bisa melayani sekitar 15 ribu warga.

”Maka, dengan jumlah penduduk yang mencapai sekitar 600 ribu jiwa, Damkar minimal harus punya armada sebanyak 40 unit,” pungkasnya. (bun/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan