Menristek Resmikan 4 Gedung Baru ITB

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir meresmikan empat gedung baru Institut Teknologi Bandung (ITB). Nasir berharap, dengan empat gedung baru tersebut bisa menunjang kemajuan riset dalam negeri.

”Riset akan lebih maju jika pihak industri bekerja sama untuk melakukan penelitian demi pembangunan negara,” tegas Nasir usai peresmian, kemarin (29/8).

”Saya sangat mendukung penuh apa yang telah ITB lakukan untuk menjadi kampus yang mendunia,” sambungnya.

Untuk diketahui, Menristek Dikti meresmikan empat gedung. Di antaranya, Gedung Center for Advanced Sciences (CAS), Center for Art, Gedung Design and Language (CADL), Center for Infrastructure and Built Environment (CIBE) dan Center for Research and Community Service (CRCS).

Sementara itu, Rektor ITB Kadarsah Suryadi memaparkan, ITB baru saja selesai membangun empat gedung baru dan dua gedung renovasi. Gedung tersebut difasilitasi alat-alat canggih, seperti nanoteknologi dan alat-alat akustik.

Menurut dia, tempat tersebut nantinya akan menjadi tempat pengembangan alat akustik di Indonesia. ”Dana yang digunakan untuk pembangunan tersebut berasal dari dana pinjaman JICA Jepang,” paparnya.

Kadarsah menjelaskan, Gedung CAS nantinya sebagai wadah kegiatan penelitian teknologi maju seperti penelitian nanoteknologi, yang dilengkapi dengan peralatan canggih seperti Scanning Electron Microscope (SEM) dan Transmission Electron Microscope. Selain itu, gedung ini juga dilengkapi laboratorium akustik yang canggih terdiri atas Semi-Anechoic dan Anechoic Chamber dan Reverberation Room. ”Dengan adanya gedung tersebut penelitian nanoteknologi bisa lebih mudah,” jelas Kadarsah.

Lebih lanjut Kadarsah menegaskan, untuk gedung CIBE dilengkapi laboratorium struktur yang dapat mengukur bangunan pada ukuran sebenarnya dengan dilengkapi strong wall serta strong floor untuk pengujian. Sedangkan, gedung CADL yang digunakan untuk pengembangan seni, desain dan bahasa. ”Sedangkan untuk Gedung CRSC akan melayani kerja sama dalam penelitian dan pengabdian masyarakat,” pungkasnya. (dn/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan