Menikmati Atmosfer PON Melalui Virtual Reality

Jarang dan Waktu Tak Jadi Hambatan Menonton Pertandingan

Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) sangat menyita perhatian publik. Masyarakat ingin menyaksikan langsung pertandingan olahraga pavoritnya.

—————–

JARAK dan waktu kadang menjadi hambatan saat ingin menyaksikan pertandingan secara langsung di arena. Apalagi, ajang olahraga terbesar di Indonesia ini digelar tidak dalam periode liburan anak sekolah atau cuti bersama. Tapi, di era konvergensi sekarang, solusi sudah di ujung jari dan layar kaca ponsel.

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), melalui Divisi Digital Service (DDS), sejak 14 September lalu merilis aplikasi Virtual Reality (VR) memperlihatkan situasi sejumlah arena pertandingan dengan tautan Google Play-nya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.pon. Sementara untuk di App Store bisa didapatkan di https://appsto.re/id/ksiWeb.i

Arief Musta’in, Executive General Manager DDS PT Telkom mengatakan, publik Indonesia bisa dengan jelas melihat hampir sebagian besar arena pertandingan PON dengan konsep foto 360`.

Tentu saja, selain aplikasi, masyarakat harus menggunakan pula kacamata pendukung VR.  Kacamata bisa satu tipikal merek seperti Samsung Gear dan atau LG 360 VR, namun direkomendasikan yang bisa lintas merek semacam VR Shinecon.

Jika dua komponen tersebut sudah ada, maka suasana  di stadion seolah olah akan langsung terasa begitu perangkat VR dipakai. Menu pertama akan memunculkan suasana stadion dari jarak 50 meter-an. Mau masuk ke stadion? Coba dongakkan kepala sedikit agar bisa mendekat ke arah pintu stadion. Jika sudah dekat, nanti akan muncul notifikasi seperti Pintu Tribun Utara.

”Klik notifikasi tersebut, maka selanjutnya akan ada gerakan mengikuti alur yang dibuat Tim DDS Telkom. Alur ini tak ubahnya ketika kita berjalan kaki menyusuri lorong-lorong di stadion. Selangkah demi selangkah tak ubahnya masyarakat memang sudah ada di stadion,” ujarnya.

Jadi, suasana di kanan kiri lorong, apa warna cat dinding, hingga tulisan apa yang tertera, bisa dilihat melalui aplikasi ini. Ketika alurnya selesai, misal sudah ada di kursi duduk penonton, maka kita tinggal gerakkan kepala sesuai keinginan. Lihat situasi kursi sebelah kanan, maka gerakkan kepala Anda ke bagian kanan. Hingga tengadahkan kepala Anda ke atas, maka situasi atap tribun bisa kita saksikan pula.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan