Memuliakan Masjid

Masjid adalah tempat paling baik dan paling dicintai Allah Swt di muka bumi ini. Sebab, masjid merupakan rumah Allah, rumah ibadah, tempat termulia di muka bumi, dan pusat aktivitas keislaman.

Dengan alasan itu, maka sudah selayaknya umat muslim untuk memuliakan masjid.

Definisi didefinisikan dengan kasroh pada huruf jim- dalam bahasa Arab adalah isim makan (kata keterangan tempat), artinya bersujud) yang menyelisihi timbangan aslinya yaitu–dengan fathah pada huruf jim.. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: dan (seluruh permukaan) bumi ini telah dijadikan untukku sebagai tempat bersujud dan alat bersuci.” (Muttafaq ‘alaihi)

Adapun menurut istilah yang dimaksud masjid adalah suatu bangunan yang memiliki batas-batas tertentu yang didirikan untuk tujuan beribadah kepada Allah seperti salat, dzikir, membaca alquran dan ibadah lainnya.

Dan lebih spesifik lagi yang dimaksud masjid di sini adalah tempat didirikannya salat berjamaah, baik ditegakkan di dalamnya salat Jumat maupun tidak.

Allah berfirman: (tetapi) janganlah kamu campuri mereka (istri-istri kamu) itu sedang kamu beritikaf dalam masjid. (QS. al-Baqarah: 187)

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.” (QS. al-Jin:18)

“Dan siapakah yang lebih aniaya daripada orang yang menghalang-halangi menyebut nama Allah dalam masjid-masjid-Nya dan berusaha untuk merobohkannya? Mereka itu tidak sepatutnya masuk ke dalamnya (masjid Allah), kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). Mereka di dunia mendapat kehinaan dan di akhirat mendapat siksa yang berat.” (QS. al-Baqarah:114)

”Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan salat, menuaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. at-Taubah:18)

Adapun kata “memakmurkan” adalah salah satu arti dari sebuah kata dalam bahasa Arab yang juga memiliki banyak arti lain di antaranya: menghuni (mendiami), menetapi, menyembah, mengabdi (berbakti), membangun (mendirikan), mengisi, memperbaiki, mencukupi, menghidupkan, menghormati dan memelihara.

Tinggalkan Balasan