Memburu Para Pencuri Kabel

Tertipu Nyala Lampu

bandungekspres.co.id– Mata masyarakat di Jakarta nyaris terbelalak. Bagaimana tidak, Pemprov DKI menemukan begitu banyak karet-karet kabel yang dibuang begitu saja di dalam got.

Itu pun sebelumnya tak sengaja ditemukan. Sebab, misi awal Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hanya berusaha untuk membersihkan gorong-gorong dari penyumbatan saat musim hujan. Dan terbongkarlah tindak pencurian tersebut.

Nyatanya kondisi yang sama juga terjadi di Kota Bandung. Meski tidak sebesar ibu kota yang mencapai 12 truk, namun pada kenyataannya aksi yang sama juga menyeruak di Kota Kembang, tepatnya di Tegallega, Jalan Pasir Koja hingga Jalan Pagarsih. Itu yang terbongkar, sebelumnya mungkin menguap, artinya tidak diketahui.

Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung pun sempat mencari tahu siapa pemilik sisa gulungan kulit kabel yang diperkirakan menjadi penyebab banjir di kawasan tersebut. Sebab, banyak perusahaan yang memaksimalkan gorong-gorong untuk menyimpan kabel.

Kepala DBMP Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen mengatakan, baru menerima konfirmasi dari satu perusahaan ihwal keberadaan gulungan kabel yang berhasil diangkut tim Unit Reaksi Cepat UPT Tegallega yang kali terakhir dilakukan kemarin.

”Kita baru mendapat konfirmasi dari satu perusahaan yaitu PT Telkom. Mereka mengonfirmasi kalau sisa gulungan kabel bukan milik mereka,” tukas Zul-sapaan akrabnya, di Kantor DBMP Kota Bandung, belum lama ini.

Sejak temuan tersebut, DBMP langsung menelusuri kepemilikan dengan menyebar informasi kepada pihak terkait. Sesuai rencana, pihaknya akan memanggil secara formal dalam waktu dekat.

Ditemui terpisah, Kepala URC UPT DBMP Tegallega Kiki Rosani mengaku, para petugasnya kembali mengangkut sisa gulungan kabel belum lama ini. Diperkirakan pengangkutan tersebut kurang lebih seperempat kendaraan pikup. Namun demikian, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui siapa pemilik gulungan kabel tersebut.

”Total yang berhasil hingga hari ini (kemarin) sekitar dua mobil pikup, jumlah itu kita angkut dari tiga kali pengangkutan di tiga titik sejak Rabu lalu. Terakhir tadi kita selusuri di Jalan Natawijaya,” kata Kiki saat ditemui Bandung Ekspres di kawasan Caringin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan