Melihat Indonesia Dari Bingkai Budaya

Ada suasana menarik saat para budayawan, seniman dan organisasi kemasyarakatan berkumpul dalam satu forum khusus. Betapa tidak, tak cuma memainkan alat musik dan mengekspresikan kepiawaiannya di bidang musik.

BUBUN MUNAWAR, CIMAHI


MEREKA – para seniman – membicarakan soal keutuhan negara yang dilihat dari bingkasi budaya. Helatan yang menghadirkan aktor senior Ray Sahetapy, musisi Ferry Curtis dan penabuh gendang Jalu G Priatna bercengkrama di Pendopo Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, akhir pekan lalu.

Sekretaris DPRD Kota Cimahi Budi Rahardja mengatakan, pihaknya memfasilitasi kegiatan seperti ini agar geliat seni dan budaya di Kota Cimahi bisa lebih hidup dan semarak. Sebab, selain diisi dengan aktivitas bermusik dan dialog, even yang bertajuk ‘Dialog Lintas Budaya  Memandang kembali wawasan Nusantara sebagai  landasan Memperastukan bangsa’, juga melibatkan komunitas lainnya. Yakni, para pelaku UMKM di Kota Cimahi.

”Disini berkumpul para budayawan dan musisi dan pelaku UKM dalam Cimahi Culinary Night. Meskipun baru merupakan ujicoba. Namun, kedepan kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan,” paparnya.

Dikatakannya, pihaknya membuka lebar agar Pendopo DPRD Kota cimahi digunakan untuk aktivitas warga Kota Cimahi. Terutama untuk tempat berekspresi dalam kegiatan yang positif. Dia menjelaskan, pendopo ini merupakan wilayah yang ada di lingkungan DPRD. Dia mengartikan tempat ini sebagai rumah rakyat.

Sementara aktor senior Ray Sahetapi mengungkapkan, dialog lintas budaya seperti ini sangat positif dilakukan oleh masyarakat. Apalagi Cimahi sebagai tempatnya pusat pendidikan yang berasal dari seluruh Nusantara.

”Dari Cimahi lahir para pemimpin yang bangsa. Karenanya dialog-dialog seperti ini harus sering dilakukan. Agar mampu memberikan inspirasi dalam menjaga keutuhan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,” jelasnya.

Dengan keberadaan pusat pendidikannya Cimahi sudah menjadi Kota yang melahirkan genarasi bangsa dari berbagai etniis dalam mempertahankan  nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

Sedangkan musisi balada Ferruy Curtis mengulas soal pentingnya keseimbangan dalam aktivitas kehidupan bermasyarakat di tanah air ini. Bung Karno sudah mengajarkan semuanya bagaimana menjaga kesatuan bangsa ini. ”Bung Karno adalah penikmat karya seni, Bung Karno merupakan orator ulung bung Karno juga pelaku seni yang handal,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan