Maret Pelatda PON Dimulai

bandungekspres.co.id– Atlet Jambi yang merebut tiket PON XIX/2016 lumayan banyak. Berdasarkan data dari KONI Jambi jumlahnya mencapai 249 atlet. Mereka tersebut berasal dari 28 cabang olahraga (cabor). Sebagian besar lolos PON lewat ajang prakualifikasi PON.

”Selebihnya Porwil. Ada juga yang mendapatkan wildcard, tapi jumlahnya bisa dihitung dengan jari,” ujar Indra Armendaris, ketua KONI Provinsi Jambi di KONI Jambi kemarin.

Mereka yang lolos PON ini akan menjalani program pemusatan latihan daerah (pelatda). KONI Jambi yang menanggung semua biayanya. ”Pelatda akan dimulai pada 10 Maret ini. Tahapannya, pelatda jalan selama tiga bulan dan sisanya pelatda inap terpusat,” jelasnya. ”Semua atlet yang lolos PON harus mengikuti pelatda,” tambahnya.

Mengenai pelatda inap terpusat, KONI Jambi tidak melibatkan semua cabor. KONI akan memilih cabor yang paling potensial dalam mendulang medali emas. ”Kita menerapkan sistem prioritas. Jadi, nantinya hanya beberapa cabor yang menjalani pelatda inap. Ini juga karena keterbatasan anggaran,” jelas Indra.

Bagaimana dengan cabor yang tidak masuk program pelatda inap? Cabor nonprioritas akan dikembalikan persiapannya kepada pengurus cabang masing-masing.

”Kita serahkan sama cabornya masing-masing,” kata Nanang Mariadi, wakabid Humas KONI Jambi.

Hanya saja, KONI belum mau menyebutkan cabor prioritas tersebut. Berdasarkan informasi, jumlah cabor prioritas mencapai belasan. Diantaranya dayung, gulat, wushu, tarung drajat, dan panahan.

Untuk keberangkatan ke PON mendatang, sesuai dengan hasil keputusan Rapat Anggota (RAT) KONI lalu seluruh atlet yang lolos PON tetap diberangkatkan ke Jawa Barat. “Semuanya yang lolos PON berangkat. Sebab semuanya punya peluang mendapatkan medali. Tapi, mereka harus mempersiapkan dirinya terlebih dulu dengan baik. Sehingga disana (Jawa Barat) tidak menjadi penghibur,” kata Nanang.

Ada pun 28 cabor yang akan menjalani pelatda adalah judo, drum band, sepeda, wushu, tinju, angkat besi dan angkat berat, kempo, boling, karate, taekwondo, senam, dan dayung. Kemudian tenis meja, tarung drajat, panahan, gulat, balap motor, sepatu roda, polo air dan renang, catur, atletik, panjat tebing, sepak takraw, bulutangkis, biliar, pencak silat, basket, dan menembak.(dar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan