Marbella Suit Hotel Terbakar

[tie_list type=”minus”]Dua Orang Selamat[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Marbella Suit Hotel, Jalan Sentra Dago Pakar di Desa Mekar Saluyu, Kecamatan Cimenyan. Kabupaten Bandung, terbakar, kemarin (8/1). Kebakaran terjadi diduga akibat konsleting listrik pada salah satu gardu listrik yang berada di area lantai lima area hotel.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Belum diketahui pasti jumlah kerugian dalam kebakaran tersebut.

Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung Yosep Heryansyah mengatakan, dirinya mendapat informasi melalui telpon sekitar pukul 20.15, telah terjadi kebakaran di lokasi tersebut, dengan sigap dirinya memerintahkan anggotanya segera meluncur ke lokasi.

”Dari laporan yang sampai kepada kami, kebakaran berawal dari korsleting gatdu listrik,” katanya kepada wartawan di lokasi kejadian.

Yosep menjelaskan, besarnya api yang muncul dari lantai 5 dan banyaknya material yang mudah terbakar membuat api mudah menjalar ke lantai 6 hingga lantai 16. Tingginya penetrasi api, juga cukup menyulitkan petugas dalam mengantisipasi dan mengevakuasi tamu hotel. Bahkan, petugas pemadam juga sempat melakukan evakuasi pada dua korban yang sempat terjebak di lantai 16. Beruntung, keduanya tamu hotel tersebut tidak terluka.

”Tidak hanya soal penanganan api, tapi kami juga merasa kesulitan dalam mengetahui jumlah pengunjung yang ada di hotel ini. Sebab, petugas hotel tidak memberikan data pengunjung hotel,” paparnya.

”Kami turunkan semua unit kendaraan yang ada,” tambahnya.

Menurut Yosep, api tidak terlalu besar. Hanya saja, kepulan asap yang ditimbulkan cukup tebal. Sehingga menghambat proses evakuasi tamu-tamu hotel. ”Alhamdulillah dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.

Sementara itu, Ratna Ningsih, 32, salah seorang pegawai hotel, menjelaskan, saat kejadian dirinya sedang membersihkan salah satu kamar di lantai lima, tiba tiba dikagetkan dengan adanya jeritan dari salah satu teman kerjanya.

Teriakan tersebut sontak membuatnya kaget. Terlebih, suhu berubah menjadi panas dan warna dinding berubah jadi kemerahan karena api. ”Asap tebalnya juga sangat tebal,” ucap Ratna.

”Saya langsung lari ketakutan, dan para tamu dan karyawan lain yang mengetahui kejadian ini langsung lari berhamburan keluar hotel,” pungkasnya. (dn/rie)

Tinggalkan Balasan