MAN I Cimahi Wakili Jawa Barat di Nasional

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1  Kota Cimahi wakili perlombaan sekolah bersih tingkat Provinsi Jawa Barat. Sekolah tersebut memiliki sejumlah program tentang kebersihan. Salah satunya keberadaan ekstrakulikuler Pendidikan Lingkungan Hidup.

Kepala Sekolah MAN I Cimahi Ahmad Ate Saefulloh mengatakan, ekstrakulikuler itu memiliki beberapa divisi. Bahkan, para siswa diberi pembelajaran cara mengolah sampah.

”Kami juga memiliki program G Simpatik (Gerakan Siswa Madrasah Pemantau Jentik). Di mana setiap siswa dibekali untuk memberantas jentik nyamuk,” ungkap Ahmad kepada wartawan ditemui di sekolah, kemarin (1/11).

Bahkan, para siswa tidak hanya memantau di sekolah, tetapi sampai radius satu kilometer dari lingkungan sekolah. Dalam kesempatan tersebut, dia menargetkan MAN 1 Cimahi bisa juara di tingkat provinsi. Sehingga, bisa melaju ketingkat Nasional.

”Semua materi sudah kami siapkan sesempurna mungkin. Maka kami yakin atas dukungan semuanya baik pemerintah, guru dan semua murid kami bisa memenangkan perlombaan ini,” katanya.

Terpantau, Kepala Kementrian Agama Kota Cimahi Ismatullah Syarif yang menghadiri acara penilaian tersebut. Dirinya merasa bangga terpilihnya MAN I Cimahi menjadi perwakilan lomba sekolah bersih dan sehat 2016 tingkat Jawa Barat.

”Agama sendiri menyebutkan kebersihan adalah sebagaian dari iman. Mudah-mudahan kebersihan benar benar muncul di Kota Cimahi,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua tim penilai lomba sekolah sehat tingkat provinsi Jawa Barat T Hidayat menjelaskan, perlombaan ini lebih mementingkan aspek kebersihan. Adapun aspek lainnya, pelayanan kesehatan dan penyuluhan kesehatan. ”Penyuluhan seperti penyuluhan bahaya narkoba, bahaya rokok, bahaya pergaulan bebas dan bahaya pernikahan dini dan bahaya HIV,” jelasnya.

Hidayat mengatakan , jika derajat kesehatan anak meningkat akan berdampak pada tingkat kelulusan anak yang naik. Intinya, lanjut dia, terdapat tiga yang masuk penilaian, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan terhadap anak dan lingkungan sekolah yang sehat dan bersih

Terkait peluang yang ada pada MAN I Cimahi, dia menyebutkan bahwa MAN I Cimahi sangat berpeluang. ”Peluang ada, peluang menjadi sekolah bersih dan sehat sudah bagus, berdoa saja mudah mudahan berhasil,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan