Mampu Berperan di Era Digital

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Birokrasi dan Reformasi (Menpan RB) Asman Abnur menegaskan, kemampuan humas dalam sebuah intansi harus dapat melakukan komunikasi dan mampu mengambil keputusan yang tepat.

Asnman mengatakan, untuk menunjang tugas humas yang utama adalah kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) menyampaikan pesan. Dengan begitu, dapat segera meningkatkan dalam pelayanan publik.

“Seorang humas harus memiliki jiwa hospitality dan entrepreneur. Sebab kalau banyak tidak disukai dan maka penyampaian informasinya pun dipastikan gagal,” jelas Asman di Forum Bakohumas, kemarin (17/11).

Dirinya berpendapat, humas merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Oleh sebab itu humas juga harus meniru dan belajar dari dunia usaha yang memiliki target dan tujuan dalam merancang usahanya.

”Jadi jangan bikin anggaran yang penting habis atau terserap saja. Tapi kegiatan, tujuan dan hasilnya harus ada,” ungkapnya.

Menurut dia, seorang humas harus pandai membaca situasi dalam perkembangan informasi saat ini. Untuk itu, humas dituntut untuk menciptakan inovasi agar informasi tersebut tersampaikan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Humas dan Protokeler Menpan RB Herman Suyatman mengatakan, seorang humas harus mampu menjadi jembatan penghubung antara masyarakat yang memiliki kebutuhan dengan pemerintah. ”Termasuk dengan pers. Sehingga akan terjalin harmonisasi,” ungkap Herman. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan