Lincah Bermanuver, Jago di Jalan Sempit

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Sebagai sarana transportasi, kendaraan bukan hanya berfungsi untuk mengangkut penumpang saja, namun juga bisa untuk menjalankan usaha. Salah satunya jenis yang familiar adalah jenis pickup, karena sudah sangat akrab untuk operasional usaha.

Saat ini, semakin banyak kebutuhan akan mobil pickup yang selain melaju di jalan besar, juga perlu untuk masuk ke jalan-jalan sempit di perkotaan. Dengan begitu, medan jalanan tak lagi jadi hambatan berarti.

Menyikapi tantangan, Daihatsu hadir memberikan alternatif pilihan kepada masyarakat serta pelaku usaha yang membutuhkan mobil pickup yang lebih leluasa untuk bermanuver di jalan sempit. Jawabannya, Daihatsu meluncurkan varian baru mobil pickup tipe Daihatsu Hi-Max, di ITC Cempaka Mas, Jakarta, baru-baru ini.

Peluncuran dilakukan oleh Senior Executive Director ADM, Tsuneo Itagaki, bersama Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Supranoto Tirtodidjojo.

Secara garis besar, Daihatsu Hi-Max memiliki bodi yang lebih kompak, irit bahan bakar, kapasitas angkut memadai dan harga yang lebih terjangkau.

Secara rinci, Hi-Max memiliki tiga keunggulan utama. Di antaranya, yakni bodi kompak dengan kemampuan manuver yang baik di jalan yang sempit (compact body size and good maneuverability in the narrow street), mampu membawa beban yang cukup (sufficient loading capacity), serta harga terjangkau dan irit bahan bakar (affordable and good fuel efficiency).

Sebagai kendaraan komersial, eksterior Hi-Max lebih ditekankan pada sisi fungsional untuk mendukung kemampuan angkut yang optimal. Hi-Max juga dibekali”Snorkel” yang mampu mencegah terjadinya problem Water Hammer yang mungkin merusak mesin.

Selain kompak di bagian luar, interior Daihatsu Hi-Max juga ditunjang desain yang fungsional. Untuk keselamatan sudah tersedia sabuk pengaman bagi penumpang dan pengendara, serta terdapat colapsible steering column (apabila kendaraan berbenturan/bertabrakan dan steering gear box mendapat tekanan yang kuat, maka main shaft column atau bracket akan runtuh sehingga pengemudi terhindar dari bahaya).

Tidak hanya itu, untuk rem depan, Hi-Max dilengkapi dengan ventilated disc (cakram berventilasi) dengan booster. Sementara itu, rem belakang menggunakan jenis drum, leading & trailing.

Tinggalkan Balasan