Lima Ruas Tol Dibuka saat Mudik

bandungekspres.co.id– Pemerintah memastikan bahwa jalan nasional siap digunakan untuk arus mudik Lebaran 2016. Kepastian tersebut berdasar hasil inspeksi dan tinjauan langsung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terhadap sejumlah ruas jalan di Sumatera, Jawa, Bali, Sulsel, serta Kalsel.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono mengatakan, berdasar hasil inspeksi, total jalan dan jembatan sepanjang 18.317,7 kilometer (km) di seluruh daerah yang ditinjau pada umumnya mantap dan siap dilalui. Angka tersebut diperoleh dari 7.961 km jalan dan 42,70 km tol di Sumatera; 7.164 km plus 668 km tol di Jawa dan Bali; serta 2.482 km jalan di Kalsel dan Sulsel.

”lnspeksi ini dilakukan sejak jauh hari agar ada waktu untuk memperbaiki jalan jika ada yang rusak,” kata Basoeki, kemarin.

Dia mengaku, telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk membantu para pemudik agar perjalanan lancar. Kementerian PUPR melibatkan Korlantas Polri dan Ditjen Hubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Basoeki mengatakan, tahun ini pemudik bisa memanfaatkan dua ruas tol baru yang telah diresmikan, yaitu tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur) sepanjang 20,20 km dan tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV (Mojokerto-Krian) sepanjang 18 km.

Selain itu, pihaknya bakal membuka sementara lima ruas tol pada H-3 Lebaran.  Dia menambahkan, pihaknya juga telah memecah simpul kemacetan yang selalu terjadi di jalur selatan Jawa, terutama ketika musim mudik.

”Yaitu di Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. Di sana terdapat pasar, stasiun kereta, dan perlintasan sebidang kereta api yang saat arus mudik sering terjadi penumpukan kendaraan. Sehingga menimbulkan kemacetan sampai 4 kilometer,” tutur Basoeki.

Selain kemacetan, Basoeki mengingatkan pemudik agar mewaspadai jalan yang rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Sebab, curah hujan diprediksi masih tinggi hingga puncak musim mudik mendatang. Dia lantas mencontohkan sejumlah titik rawan longsor. Antara lain ruas Kabanjahe-Lawe Pakam dan Tarutung-Sibolga di Sumut. ”Lalu ruas Pekanbaru-Kandis, Riau; ruas Pekanbaru-Payakumbuh, Riau; ruas Pekanbaru-Jambi; dan ruas Lahat-Batas, Bengkulu, Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dinas Bina Marga Kabupaten Subang masih melakukan perbaikan sejumlah jalur alternatif yang akan dilalui pemudik. Sejumlah pekerja pun dikerahkan agar perbaikan jalan bisa secepatnya selesai. Mengingat jalur-jalur alternatif ini akan segera dilalui pemudik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan