Lari Lebih Kencang Kang DN

Gubernur Minta Maksimalkan Penyerapan Anggaran

bandungekspres.co.id – Pada Pelantikan enam kepala daerah di Jawa Barat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan amanatnya yang dibacakan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bahwa seluruh kepala daerah harus mampu melakukan penyerapan anggaran demi kelangsungan pembangunan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian.

Selain itu, sinergitas antara kabupaten/kota dengan provinsi Jabar dan pusat harus diwujudkan terlebih di Jabar sendiri banyak proyek-proyek strategis yang saat ini sedang berlangsung tahap pembangunannya.

”Sinergitas antar daerah, provinsi dengan pusat mutlak dilakukan,” kata amanat Presiden yang dibacakan Heryawan pada sambutan pelantikan kepala daerah di Gedung Merdeka kemarin (17/2).

Usai pelantikan, Heryawan menegaskan, kepala daerah yang telah dilantik untuk mampu menyerap anggaran yang telah ditetapkan dalam APBD dengan baik. Dengan melakukan tahap pengerjaan rencana pembangunan yang telah disusun di awal bulan.

Dia menilai, adanya keterlambatan penyerapan anggaran harus bisa dihindari dengan cara sesegara mungkin mengatur perencanaan dalam penyusunan APBD.

”Jadi penyerapan jangan ditumpuk diakhir tahun dan pelaksanaan pembangunan juga harus sesuai dengan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” ujar dia.

Selain itu, dia menginginkan agar seluruh kepala daerah dan wakilnya di Jabar memiliki harmonisasi dan menekankan kepada lembaga legislatif DPRD untuk berkoordinasi dengan baik. Khususnya dalam fungsi pengawasan pembangunan.

”Jangan ada perseteruan antara bupati/wali kota dengan wakilnya harus selaras dalam membagi tugas dan saling melengkapi karena ini yang disebut dwi tunggal,” ungkapnya.

Heryawan menegaskan, kepada kepala daerah yang baru dilantik harus bisa lari kencang mewujudkan janji-janji kampanyanye untuk kesejahteraan masyarakat. Terlebih seorang pemimpin harus mau turun di tengah masyarakat agar mampu menyerap segala keluhan warga untuk dijadikan dasar dalam pola pembangunan.

Di tempat sama Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari menilai, sinergitas antara pemerintah harus dibangun agar pembangunan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

”Sinergitas harus dibangun itu yang terpenting karena bila pusat punya program percepatan pembangunan daerah harus mampu menyelaraskannya,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan