Kucurkan Kocek Pribadi Demi Napi

bandungekspres.co.id, CIANJUR – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tersentuh dari curahan hati (curhat) para napi. Bahkan, pria yang akrab disapa Aher tersebut rela mengeluarkan kocek pribadi demi mereka.

Hal ini terjadi ketika Aher  mendatangi Lapas kelas IIB Cianjur, kemarin (23/6). Dia datang dan beramah-tamah bersama para santri atau narapidana, sebagai bagian dari safari Ramadan di Kabupaten Cianjur.

Dari pantauan, Aher datang pada pukul 16.00 dan langsung menuju Masjid At-Taubah di Lapas Cianjur. Dia didampingi Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar beserta unsur Muspida Kabupaten Cianjur.

Di depan ratusan narapidana, Aher memberi sambutan sekaligus pembinaan terhadap para narapida yang pada saat itu terlihat rapi dengan pakaian muslim. Dia berharap, para napi bisa mengubah sikap dan selama di lapas.

”Dengan bimbingan berupa pendidikan formal di sini ditambah pembinaan akhlak dari Pesantren At-Taubah tentunya jadi formula yang bagus untuk mengubah karakter agar bisa lebih baik lagi,” paparnya.

Selain memberikan pengarahan, Aher juga menerima masukan dan permintaan dari para napi. Di antara permintaan tersebut, salah seorang napi meminta agar Aher membantu menyediakan fasilitas atau sarana pendidikan seperti buku dan pulpen agar napi bisa belajar dengan lancar. Sebab, buku yang tersedia hanya tinggal belasan dan pulpen hanya tinggal lima buah.

”Saya akan turut membantu dari saku pribadi. Bupati juga diarahkan untuk memfasilitasi agar pendidikan di lapas bisa berjalan sebaik mungkin,” tegasnya.

Selepas mengunjungi lapas dan bersilaturahmi dengan para napi, Aher selanjutnya berangkat menuju pendopo untuk berbuka puasa dan dilanjutkan salat magrib berjamaah.

Saat taraweh, Aher juga menyempatkan salat di Masjid Agung Cianjur dengan jumlah rakaat sebanyak 23 rakaat, terdiri dari 20 rakaat salat taraweh dan ‎3 raakt salat witir.

Sebelumnya, Aher juga mengunjungi Pasar Muka Cianjur untuk memeriksa kondisi harga di Cianjur. Aher mengaku salut dengan Cianjur yang mampu mempertahankan harga tetap normal.

”Dibandingkan Kabupaten/kota lain di Jawa Barat, harga kebutuhan pokok di Cianjur normal. Daging sapi misalnya, di sini hanya Rp 110 ribu dan daging ayam sebesar Rp 32 ribu per kilogram,” tandasnya. (bay/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan