Kondisi Tim Dijamin Aman

32

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Rencana pelatih tim nasional (timnas) Alfred Riedl memboyong empat kiper untuk uji coba melawan Myanmar dan Vietnam batal terlaksana. Salah satu penjaga gawang, Jandia Eka Putra, terpaksa ditinggal di tanah air karena mengalami cedera leher.

”Padahal, menurut saya, semua kiper layak dibawa ke Myanmar. Selain menjaga kebersamaan, uji coba nanti bisa menambah pengalaman setiap pemain,” kata Gatot Prasetyo, pelatih kiper timnas, kemarin.

Itu berarti Garuda -julukan timnas- hanya memboyong Kurnia Meiga, Andritany Ardhiyasa, dan Dian Agus Prasetyo untuk duel di Yangon (4/11) dan Hanoi (8/11). Di luar Jandia, Riedl memutuskan membawa semua pemain yang ikut pemusatan latihan di Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

Rombongan Garuda berangkat menuju Yangon kemarin. Di sana, Andik Vermansah dan Irfan Bachdim yang tidak ikut training center di Karawaci akan bergabung dengan skuad. Stefano Lilipaly menyusul kemudian untuk laga melawan Vietnam.

Dari tiga kiper yang dibawa, kondisi Kurnia dan Andritany sempat meragukan. Hingga latihan Senin lalu, kondisi kebugaran Kurnia masih 80 persen. Sedangkan Andritany sedikit lebih baik, sekitar 90 persen.

Namun, Gatot mengungkapkan, dua hari tersisa bisa dimanfaatkan Kurnia dan Andritany. ”Dalam waktu tersisa, mereka bisa berlatih untuk kembali ke performa terbaik,” kata Gatot.

Pertanyaannya tentu, apakah tidak berisiko memaksakan mereka bermain di uji coba? Bagaimana kalau mereka cedera lagi dan bertambah parah?

Padahal, dua kiper itu digadang-gadang menjadi pilihan utama di Piala AFF 2016 yang berlangsung mulai 19 November mendatang. Andritany, misalnya, terus menjadi starter dalam uji coba menghadapi Malaysia (6/9) dan Vietnam (9/10).

Gatot menjamin, kondisi fisik dan performa kedua kiper tersebut akan tetap aman selama bertarung di uji coba melawan Myanmar dan Vietnam. Apalagi, setelah mendapat penanganan maksimal dari psikoterapis timnas, kebugaran mereka kian membaik.

Mereka juga sudah mengikuti program latihan secara penuh. ”Semua akan baik baik saja. Tentu, kami akan terus memantau progres dan kebugaran mereka,” kata Gatot.

Melihat kondisi Kurnia dan Andritany tersebut, bisa jadi Dian Agus bakal berpeluang dimainkan. Jika benar demikian, itu bakal jadi pengalaman berharga bagi Dian, kiper 31 tahun yang baru mencatat 3 caps.

Riedl mengakui sebelumnya hanya berencana membawa 20 pemain dari hasil latihan di Karawaci tersebut. Tapi, melihat determinasi para pemain selama masa latihan, dia dan para asisten akhirnya memutuskan membawa semuanya. ”Saya senang dengan keinginan pemain yang selalu berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya,” kata Riedl.

Dalam fase grup Piala AFF 2016, Indonesia tergabung di grup A bersama tuan rumah Filipina, Thailand, dan Singapura. Sedangkan grup B berlangsung di Myanmar dan mempertemukan tuan rumah, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja. (ben/c17/ttg/rie)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.