Komunitas Neuronesia Berbagai Cara Mengendalikan Fungsi Otak

Agar Hidup Semakin Cerdas dan Tak Terombang Ambing

Tingkah laku manusia tergantung pada otaknya. Sebagai pengendali, manusia perlu mempelajari bagaimana menggunakan otak dengan baik.


Komunitas Neuronesia, pecinta ilmu neurosains Indonesia terus melakukan kegiatan mengingat hakikat manusia yang tidak hanya harus cerdas, tetapi lebih penting lagi berdaya guna serta bermanfaat bagi sesama.

Neurosains merupakan ilmu yang khusus mempelajari tentang otak dan dinamikanya. Otak merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan. Bagian yang terkecil dari otak disebut neuron atau sel saraf, terdiri atas badan sel dan kabel-kabel yang disebut axon neuron.

Komunitas Neuronesia-Center of Happy Brain menggelar kegiatan Bandung Neuronesia Summit belum lama ini. Kegiatan tersebut mengusung tema ”Time to Remember” untuk mengajak kepada anggota khususnya dan semua orang untuk mengedepankan rasa syukur dalam menjalani hidup ini.

Selain itu, mereka pun membuat aplikasi Charity Digital SOULMATE (SOlusi Umat Lewat Mobile Apps TEchnology). Melalui aplikasi ini, semua masyarakat bisa mengetahui tentang ilmu otak. Anggota Kehormatan (Board of Honors) yang juga mewakili Komunitas Neuronesia Chapter Bandung, DR Tauhid Nur Azhar mengatakan, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk mengingat dan bersyukur atas hakikat keberadaan sebagai manusia.

Menurutnya, keberadaan manusia tidak hanya dilihat dari kecerdasannya, namun yang lebih penting adanya manfaat bagi sesama. Tauhid mengatakan, program ini dirancang sarat dengan semangat kekeluargaan dan manfaat terutama dalam pengetahuan dan kebersamaan.

Dalam pertemuan tersebut, semua anggota komunitas menelisik keistimewaan otak bangsa Indonesia dalam keadiluhungan budaya, dalam rupa batik dan filosofi di baliknya. ”Kami menghadirkan seniman batik Imang Jasmine yang menjadi pemandu indera dalam mengolah rasa batin hingga peka terhadap tanda dan vibrasi semesta,” katanya.

Anggota Kehormatan lainnya, Atty Budiharti mengatakan, Neurosains merupakan ilmu yang khusus mempelajari tentang otak dan dinamikanya. Otak merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Bagian yang terkecil dari otak disebut neuron (sel saraf) yang terdiri atas badan sel dan kabel-kabel yang disebut axon neuron. Neurosains mempelajari semua hal yang berkaitan erat dengan fungsi otak, intelektual, dan kesadaran manusia. ”Semua gerakan tubuh kita dikontrol oleh otak,” katanya.

Tinggalkan Balasan