Komitmen Lakukan Penanganan Banjir

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Bandung Barat berkomitmen untuk ikut serta dalam penanganan banjir di Kota dan Kabupaten Bandung. Bencana yang sering terjadi ketika musim hujan ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bandung Barat Adiyoto, dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh lima Kabupaten/Kota yang saling berdekatan yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Sumedang. Sebut dia, MoU tersebut sebagai payung komitmen untuk penanganan banjir. “Kami menyepakati MoU antar daerah untuk benar-benar serius menangani persoalan banjir di Bandung Raya,” kata Adiyoto saat dihubungi, kemarin (11/11).

Menurut Adiyoto, langkah selanjutnya yakni meningkatkan pembenahan di lapangan. Seperti melakukan penanaman pohon, menjaga lingkungan serta membenahi infrastruktur seperti drainase.

“Sebetulnya kegiatan seperti menananam pohon, menjaga lingkungan setiap tahun dilakukan,” ungkapnya.

Namun, pihaknya akan terus meningkatkan agar tidak terjadi banjir di Kabupaten Bandung Barat. Dalam pertemuan lima daerah lainnya belum lagi ini, tidak disinggung bahwa banjir tersebut akibat dari ahli fungsi lahan di Kawasan Bandung Utara (KBU).

Pihak membantah jika KBU di Bandung Barat menjadi penyebab banjir yang terjadi di Kota Bandung beberapa waktu lalu. ”Kami menolak jika dituding sebagai penyebab banjir dari KBU. Dalam pertemuan kemarin juga tidak disinggung soal KBU,” terangnya.

Pemerintah Daerah (Pemda), kata Adiyoto, tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang yang dapat menutup drainase dan mengakibatkan banjir.

Selain itu, pemerintah daerah juga mengajak masyarakat untuk terus menanam pohon agar air hujan dapat tertahan. ”Penanganan banjir ini juga harus melibatkan masyarakat agar tetap menjaga lingkungan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, hujan yang turun deras mengakibatkan banjir di wilayah Lembang. Limpahan air dari kawasan yang lebih tinggi di Jayagiri Lembang membuat Jalan Raya Lembang banjir setinggi 50 cm. Banjir juga menerjang Kota Cimahi dan juga Jalan Pagarsih Kota Bandung. (drx/nit/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan