Klaim Distribusikan KIS Merata

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengklaim, sudah mendistribuskan semua Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi masyarakat Kota Cimahi. Tercatat, sebanyak 8.199 orang yang berhak mendapatkan KIS di Kota Cimahi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Fitriani Manan mengatakan, Kartu Indonesia Sehat merupakan program pemerintah pusat besutan Presiden Joko Widodo. Semua sumber dana pembuatan KIS ditanggung oleh pemerintah pusat, termasuk KIS bagi masyarakat Kota Cimahi.

”Sebayak 8.199 KIS yang sudah dibagikan bagi warga Cimahi sudah terintegrasi dengan Jaminan Kesehatan Daerah Jamkesda) sesuai MoU,” papar Fitriani, kemarin.

Dikatakan Fitriani, sebetulnya, Pemkot Cimahi mengajukan sekitar 13.127 warga Cimahi yang berhak mendapatkan KIS. Tapi, setelah dilakukan validasi oleh Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yang disetujui hanya 8.199. Terkait hal itu, bagi warga yang belum mendapatkan jatah KIS, warga masih bisa menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk berobat. Dengan catatan, warga tersebut benar-benar tidak mampu. ”Serta memegang rekomendasi dari Disnakertransos bidang social,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial Disnakertransos Ero Kusnadi mengatakan, warga yang tidak mampu dan berhak mendapatkan bantuan sosial di Cimahi.

Dia hanya mengatakan, ada sekitar delapan ribuan. Untuk 2016 ini, kata dia, tidak ada pendataan. Sebab, pendataan hanya dilakukan dua tahun sekali.

”Kami lakukan pemutakhiran data setahun sekali. Sekarang sedang dalam proses. Target paling lama tiga bulan,” pungkas dia. (bun/rie) 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan