Kesbangpol Sebut Keamanan Itu Mahal

bandunekspres.co.id, CIMAHI – Polres Cimahi mengajak masyarakat untuk lebih giat melakukan pengamanan swakarsa masyarakat (Pamswakarsa) dalam menjaga situasi kemananan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Syam melalui Kasat Binmas Polres Cimahi AKP Cimahi AKP Heru Rustiono,  mengatakan, untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan keswadayaan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Pihaknya memberikan sosialisasi kepada masyarakat di tiga kecamatan se Kota Cimahi.

Sosialisasi ini sebut dia, menjadi sangat penting bilamana masyarakat menjadi paham dengan metode dan strategi Pamswakarsa. Sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomo 3 Tahun 2015, tentang pemolisian masyarakat. ”Dalam sosialisasi tersebut kami berikan juga tentang, pesan-pesan Kamtibmas dikolaborasi dengan situasi perkembangan kebhinekaan NKRI. Serta diberikan juga tentang makna Qs. Alhujarat ayat 13 dan Qs. Almaidah ayat 90,” ujar Kasat Binmas Polres Cimahi AKP Cimahi AKP Heru Rustiono, usai sosialisasi di TPA Annur, Jalan Purbasari Sangkuriang, Kota Cimahi, kemarin.

Menurut dia, selain melakukan sosialisasi, di masyarakat juga dilaskanakan kegiatan ceramah tausyiah dalam rangka peringatan Maulid nabi Muhammad SAW 1438 H Tahun 2016 di Majlis Nurul Islam Jalan Abdul Halim RT 3 RW 3, Kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi.  ”Penyampaian materi Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H Tahun 2016, disampaikan anggota kami Bripka Anang Ramdan, materi yang disampaikan tentang hikmah dan makna dalam peringatan Maulid Nabi Muhamnad SAW, pesan-pesan Kamtibmas dikolaborasi dengan situasi perkembangan saat ini,” sebutnya.

Sedangkan Kepala Kesatuan Bangsa Kota Cimahi Totong Solehudin mengatakan, masyarakat sangat berperan dalam menjaga keamanan lingkungannya. Kata dia, tidak bisa hanya mengandalkan petugas saja yang jumlahnya terbatas.  ”Keamanan itu mahal, karenanya kita harus ikut berpartisipasi membantu aparat kepolisian dalam menjaga keamanan ini, menjaga keamanan lingkungan bisa dimulai dari diri sendiri,” katanya. (bun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan