Keperkasaan Hamilton di F1 GP Kanada

bandungekspres.co.id – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, menunjukan keperkasaan dengan menjuarai GP Kanada di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Senin (14/6) dini hari WIB. Sementara, Rio Haryanto, harus puas finis paling belakang.

Bagi Hamilton, ini merupakan kemenangan kelima di Sirkuit Gilles-Villenueve. Dalam balapan selama 70 putaran ini, Hamilton mengalahkan pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang menempati posisi kedua.

Posisi ketiga ditempati pebalap Williams, Valtteri Bottas. Dia berada di depan Max Verstappen dari Red Bull Racing dan rekan setim Hamilton, Nico Rosberg.

Rio, andalan Indonesia yang membalap bersama Manor Racing Team, hanya finis di posisi ke-19. Sementara rekan setimnya, Pascal Werhrlein, mampu dua peringkat di atas Rio.

Sejatinya, Vettel mengawali balapan dengan luar biasa. Selepas start, dia sukses menyalip Hamilton dan Rosberg yang berada di depannya sebelum tikungan pertama.

Sementara Rio yang mulai dari posisi ke-19 justru melorot ke posisi ke-21. Pada lap ke-6, Rio sukses memperbaiki posisinya. Dia menyalip jagoan Renault, Kevin Magnussen dan berada di posisi ke-20.

Pada lap ke-14, Rio bahkan sempat berada di posisi ke-15 setelah beberapa pembalap melakukan pitstop. Namun posisi itu tak bertahan lama karena Rio pun masuk pit pada lap ke-17.

Pada lap ke-24, Vettel kembali berada di posisi terdepan setelah Hamilton melakukan pitstop. Dia unggul 10,467 detik dari Hamilton.

Rio sendiri mencatat speed trap terbaik kedua pada lap ke-30. Enam lap berikutnya, Rio naik ke posisi ke-19 setelah Felipe Nasr yang berada di depannya masuk ke pit.

Pada lap ke-38, Vettel yang masuk pitstop harus merelakan posisi terdepan diambil Hamilton. Alhasil, Hamilton mampu mempertahankan posisinya dari kejaran Vettel.

Hingga finis, pembalap asal Inggris itu tetap berara di posisi terdepan. Sementara Rio Haryanto berada di posisi ke-19 saat menyentuh garis finis, di belakang Wehrlein dan Nasr yang menempati posisi ke-17 dan ke-18.

“Saya menjalani start buruk. Start Seb (Vettel) sangat baik, tapi selanjutnya setelah tikungan 1 saya memiliki peluang. Saya memenangi balapan pertama di sini, jadi ada perasaan spesial. Ini sebuah keberkatan. Terima kasih untuk semua,” bilang Hamilton usai balapan.(ira/JPG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan