Kempo Jabar Efektifkan Uji Tarung

bandungekspres.co.id – TIM Pelatda Kempo Jawa Barat akan mengefektifkan uji tarung menjelang gelaran Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat. Jika tak ada aral melintang, para kenshi akan turut dalam sebuah kejuaraan di Surabaya setelah Idulfitri, Juli mendatang.

”Kamitakan uji coba lagi dengan lawan-lawan yang kami pilih untuk meningkatkan performa atlet. Setelah Lebaran, rencananya try out di Surabaya dan ikut kejuaraan di sana biar ada penilaian yang serius,” kata Rudy Gunawan, Pelatih Kempo Pelatda Jawa Barat di arena berlatih kempo di Gedung KONI Jawa Barat, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, belum lama ini.

Untuk try in dalam waktu dekat, Rudy merencanakan uji tarung dengan sejumlah atlet pilihan yang ikut di babak kualifikasi kempo PON XIX/2016 Jawa Barat. Rudy menilai, sejauh ini, kenshi—para atlet kempo Indonesia masih yang terbaik selain Jepang. Sementara para kenshi terbaik nasional yang juga akan bertarung sekaligus menjadi lawan di PON XIX/2016 Jawa Barat tersebar di beberapa provinsi, antara lain Nusa Tenggara Timur, DKI Jakarta dan Kalimantan Timur.

Disinggung try out ke luar negeri semisal Jepang, Rudy mengatakan bahwa cara penilaian di negeri asal beladiri kempo itu sedikit berbeda dengan di Indonesia. Jika pun berangkat ke Jepang, menurut dia akan menjadi kurang efektif.

Try out ke luar negeri sepertinya tidak. Ke Jepang juga rasanya kurang efektif karena cara penilaiannya agak berbeda. Untuk itu, akan dimaksimalkan di dalam negeri dan salah satunya ikut kejuaraan di Surabaya,” ujarnya. (net/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan