Kembangkan Desain Mebel Rotan

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Pemerintah Provinsi Juawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat menggelar lomba Desain Mebel Rotan di Hotel Ibis Asia Afrika Kota Bandung kemarin (4/10). Event ini dalam upaya pengembangan industri mebel rotan.

Kepala Disperindag Jabar Hening Widiatmoko mengatakan, industri kecil dan menengah katagori mebel rotan merupakan satu komoditi unggulan dan andalan bagi daerah Provinsi Jawa Barat khususnya Cirebon. Karena memiliki pangsa pasar yang tinggi, berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja.

”Pemerintah berusaha membawahi aspek-aspek penting, di antaranya adalah pengembangan aspek desain. Untuk itu kami menyelenggarakan lomba desain melalui kegiatan Dukungan Kompetisi Desain Produk Mebeul Rotan,” katanya kepada Jabar Ekspres di sela kegiatan kemarin.

Hening mengungkapkan, produk tersebut harus memenuhi kriteria, yaitu orisinal yaitu dapat dipertanggungjawabkan keabsahan idenya dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, inovatif  yaitu mengandung inovasi baru dalam desain, fungsional yaitu memiliki nilai guna, ergonomic yaitu nyaman, aman, sehat dan efisien, estetis yaitu memiliki daya tarik visual berorientasi pasar, berorientasi lingkungan dan memiliki kandungan kearifan lokal.

”Produk yang dilombakan dalam bentuk sarana duduk dengan bahan baku 80 persen rotan dan 20 persen bahan lainnya non rotan,” jelas Hening.

Lebih lanjut Hening memaparkan, peserta yang ikut dalam kompetisi lomba desain mebel rotan tersebut yang diikuti 10 karya finalis. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu merebranding desain dan industri rotan di Indonesia untuk pasar global.

”Dengan kiegiatan ini diharapkan, para pengusaha rotan di Indonesia khususnya di Jabar. Bisa bersaing dengan pasar global,” pungkasnya. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan