Jangan Maunya Kaya Sendiri

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Usai menggelar salat Idul Adha 1437 H dan memotong hewan kurban di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Gubernur Ahmad Heryawan melaksanakan pemotongan hewan qurban di lingkungan rumah dinasnya di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, kemarin (12/9).

Di rumah dinasnya Ahmad Heryawan memotong dua ekor sapi dan enam ekor domba yang merupakan hewan kurban milik istrinya Netty Prasetiyani Heryawan serta anak-anaknya.

Menurutnya, daging kurban itu dibagikan kepada masyarakat di sekitar Gedung Pakuan dikhususkan kepada fakir miskin

”Yang paling utama didistribusikan kepada masyarakat yang paling membutuhkan yaitu fakir-miskin. Jadi saya imbau kupon didistribusikan kepada masyarakat yang tidak mampu. Kalau yang mampu tidak kebagian ya tidak apa-apa,” kata kepala daerah yang akrab disapa Aher itu.

Di samping memotong hewan kurban miliknya, pihaknya juga menyaksikan pemotongan kurban sumbangan dari Presiden RI Joko Widodo di Masjid Raya Bandung.

”Kita menyembelih sendiri rasanya lebih afdal. Sebab ini juga butuh keberanian. Ini juga setara dengan butuh keberanian dalam hidup bersosial,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Aher pun meminta agar masyarakat bisa memilih hewan kurban yang layak dan sehat untuk dijadikan hewan kurban.

Sementara itu, Tradisi Presiden Joko Widodo berlebaran di Luar Jakarta berlanjut. Kemarin (12/9), Jokowi dan Ibu Negara Iriana memilih salat Idul Adha bersama masyarakat Kota Serang, Banten, di Masjid Ats-Tsaurah Serang. Di saat bersamaan, Wapres Jusuf Kalla juga sedang berada di Amerika Serikat sehingga absen salat id di Masjid Istiqlal Jakarta.

Ridho Abdul Wahab menjadi imam salat Id di masjid tersebut. Sementara, Prof Fauzal Imam menyampaikan khutbah dengan tema ’Makna Berkurban, Mengubah Etos Basa-Basi ke Etos Aksi. Kemarin, Presiden juga menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi kepada panitia Idul Adha MAsjid Ats-Tsaurah.

Usai salat, Jokowi mengingatkan bahwa Idul Kurban merupakan momentum untuk menumbuhkan semangat berkorban. Spirit pengorbanan sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat saat ini. ’’Jangan maunya ingin kaya sendiri, ingin menang sendiri,’’ ucap Jokowi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan