Jangan Lupakan Norma Agama

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memberikan materi Empat Pilar Kebangsaan dalam acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama Forum Kebebasan Umat Beragama, di Aula Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, kemarin.

Adapun materi yang disampaikan yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Zulkifli mengatakan, implementasi UUD 1945 Bab XA tentang Hak Asasi Manusia (HAM), masih banyak yang salah kaprah dan kebablasan dalam implementasi hak asasi manusia, terutama kebebasan berpendapat dan berserikat. Kebebasan diartikan sangat bebas, namun jangan sampai lupa dengan norma-norma agama. ’’Kita harus bisa menghargai kebebasan dalam beragama,’’ ujar Zulkifli, usai kegiatan tersebut.

Zulkifli mengungkapkan, kebebasan itu sendiri mesti ada batasannya seperti yang tercantum dalam Pasal 28 J yang berbunyi ’’berkewajiban menghargai hak asasi orang lain serta tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan UU’’. Dengan demikian diharapkan jangan sampai terjadi perseteruan antar umat beragama.

’’Sudah jelas konstitusi negara Indonesia memberikan kebebasan berekspresi dan berpendapat serta berserikat, namun ada batasan yang ditetapkan perundangan,’’ ungkapnya.

Politikus Partai Amanat Nasional ini menegaskan, ke depannya diharapkan jangan sampai kembali terjadi perseteruan antar umat beragama. Seperti terjadinya pembakaran tempat ibadah. Menurut Zulkifli, kalau bisa saling menghargai antar sesama pemeluk agama, meskipun berbeda pasti akan ada kekompakan dan keharmonisan kerukunan umat beragama. ’’Kalau semua sudah bisa saling menghargai tentu akan tercipta suasana yang aman, nyaman, dan tentram,’’ pungkasnya.

Kegiatan ’Sabang Merauke Ramadhan’ wilayah Jawa Barat di Bandung Barat kali ini diikuti oleh beberapa pengurus DPP PAN, antara lain Sekjen PAN Eddy Soeparno, Ketua DPP yang sekaligus Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto, Waketum. PAN Raja Sapta Oktohari, Ketua DPP Riski Sadig, Dessy  Ratnasari, M Najib Qodratullah, Azis Subekti dan Wasekjen PAN Ahmad Yohan, Soni Sumarsono, Iswari Mukhtar, Suherlan dan Keliek Umbaran.

Wakil Ketua Umum PAN yang juga Ketua Fraksi PAN DPR Mulfachri Harahap mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan ’Safari Kebangsaan Merajut Kebhinnekaan dari Sabang sampai Merauke’ selama Ramadan. Adapun kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada 10-12 Juni 2016.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan