Jangan Lengah di Leg Kedua

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Satu kaki Indonesia sudah berada di babak final Piala AFF 2016. Ini setelah Boaz Solossa dan kawan-kawan berhasil menang tipis 2-1 (1-1) atas Vietnam dalam pertandingan leg pertama babak semifinal di Stadion Pakansari, Bogor, dua hari lalu. Meski begitu, semua pemain sadar bahwa, perjuangan belum berakhir.

Mengingat, Vietnam adalah salah satu favorit juara dalam turnamen tersebut. Permainan mereka yang ekstra cepat dan taktis, serta terkenal memiliki semangat militan, patut diwaspadai di leg kedua nanti. ”Jadi, saya berharap ke teman teman agar terus fokus di laga kedua nanti. Kita boleh bangga dengan kemenangan kemarin, tapi jangan pernah berpuas diri,” kata Boaz Solossa.

Sang kapten Timnas itu memang pantas mewanti-wanti mental rekan-rekannya. Sebab, dalam beberapa kali pertandingan, para pemain selalu terlihat lengah setelah melihat lawan mulai lengah. Fenomena itu terjadi ketika pertandingan melawan Thailand dan Filipina di babak penyisihan grup A di Manila, Filipina, akhir November lalu.

Melawan Thailand misalnya, Indonesia yang sudah berhasil mengejar ketertinggalan dengan menyamakan kedudukan menjadi 2-2, seharusnya berpeluang untuk memenangkan laga tersebut. Namun, di sepuluh menit terakhir, lini belakang garuda terlihat lengah. Thailand lantas memanfaatkan situasi itu dengan mencetak dua gol balasan.

Dengan begitu, Boaz berharap agar setiap pemain harus bisa menjaga konsistensi mereka sepanjang laga. ”Kalau mau menang, maka semua pemain harus bekerja dan terus fokus sepanjang laga. Bermain melawan tim kuat di kandang mereka bukan pekerjaan yang mudah. Tapi, saya optimistis kami bisa melakukan yang terbaik,” papar striker Persipura Jayapura itu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Andik Vermansah. Winger mungil asli Surabaya ini mengatakan, Timnas butuh tenaga ekstra untuk bisa menaklukan Vietnam di pertandingan leg kedua nanti. Sebab, secara materi pemain, Vietnam jauh lebih unggul. ”Tapi, kalau kita bisa bermain fight seperti di pertandingan pertama, Insya Allah, kami bisa melakukan hal yang sama di sana (Vietnam, Red),” ujar pemain Selangor F.A di Liga Malaysia itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan