Jalan Cukang Monteng Sudah Bisa Dilalui

bandungekspres.co.id, IBUN – Bupati Bandung H. Dadang M Naser SH MIPol meresmikan jalan Jalan tembus Kamojang di Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung kemarin (24/6). Jalan tersebut dikenal warga sebagai Jembatan Cukang Monteng. Setelah peresmian, diadakan ngabuburit bersama pojok si Cepot.

”Ini adalah langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bandung dalam upaya pembangunan di bidang transportasi dalam menunjang berbagai aspek seperti ekonomi dan lalu lintas lebih lancar. Saat ini sudah bisa menjadi jalur alternatif untuk mudik,” kata Dadan di sela-sela kegiatan kemarin.

Jalur ini diresmikan untuk jalur mudik Lebaran. Namun menurut Dadang, jalur ini untuk dilalui di siang hari, tidak di rekomendasikan untuk malam, karena penerangan jalan umum (PJU) belum lengkap, tetapi jalan tersebut sudah di uji kelayakannya secara teknis oleh kementerian PU sehingga, jalan ini sudah bisa dilalui.

”Jembatan ini untuk setingkat kabupaten baru ada di Kabupaten Bandung, karena jalan ini seharusnya sekelas nasional namun sekarang berada di Kabupaten Bandung,” ucapnya.

Dadang juga menjelaskan, jembatan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 75,9 miliar dengan struktur jalan yang dibetonisasi dengan membuka terobosan jalan untuk ke Perhutani yang saat ini baru dibangun sepanjang tujuh meter. ”Nanti akan dibuka lagi, maka dari itu kami baru mengatakan soft launching. Nanti akan diadakan launching besarnya,” jelasnya.

Dia juga mengimbau, bagi warga yang melintas menggunakan Cukang Monteng diharapkan untuk berhati-hati. Karena jalan ini di atas gunung, tapi ekstremnya dibandingkan Cukang Monteng. ”Tadinya parah sekarang sudah dipotong lebih pendek sebanyak 30 derajat dibikin pendek dan mulai besok sudah dibuka untuk mudik antara Bandung-Garut,” pungkasnya. (yul/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan