Italia vs Spanyol: Menjaga Turin

bandungekspres.co.id, TURIN – Harga diri bangsa Italia itu berada di Turin. Sebab, dalam satu dekade terakhir ini kota Turin sudah mampu menjaga rekor tidak pernah menang Gli Azzurri – julukan timnas Italia – di segala ajang. Bahkan, Italia lebih banyak mengakhiri pertandingan sebagai pemenang ketimbang menjadi pecundang di depan bangsanya sendiri.

Tugas menjaga Turin itulah yang kembali dihadapi Italia dalam laga matchday kedua Grup G di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA. Di Juventus Stadium, Turin, dini hari nanti WIB, Spanyol-lah  yang bakal menguji peruntungan Italia. ”Siapa yang lebih difavoritkan? Sepertinya, tetap mereka,” ucap bek tengah Italia Leonardo Bonucci dalam konferensi pers di Coverciano, dilansir Football Italia.

Bonucci mencoba untuk menyingkirkan beberapa fakta penting di balik laga ini. Misalnya fakta tentang sulitnya klub-klub Spanyol mengalahkan Juventus sebagai klub penguasa kota industri tersebut. Sudah sangat lama belum pernah ada pesta orang Spanyol dilakukan di Turin. Terakhir, aroma Spanyol berpesta di sana adalah 12 tahun silam.

Adalah Deportivo La Coruna yang terakhir kali membuat bangsa Italia dalam hal ini pendukung La Vecchia Signora – julukan Juventus – tertunduk malu. Saat leg kedua fase 16 Besar Liga Champions 2003-2004, La Coruna mewakili bangsa Spanyol menodai Turin. Bedanya, ketika itu laga masih digelar di Delle Alpi.

Bukan di Juventus Stadium, tempat laga dini hari nanti berlangsung. Di stadion yang dibuka per 8 September 2011 silam itu, wakil-wakil Spanyol malah dibuat frustasi. Belum pernah ada kekalahan di Turin yang dialami dari wakil Spanyol dalam ajang Eropa. ”Setidaknya, ada emosi yang spesial di sini,” lanjut bek yang bermain di Juventus itu.

Yang dipikirkan Bonucci adalah kondisi Italia sekarang ini. Terutama dengan tidak adanya salah satu partnernya di lini belakang, Giorgio Chiellini. Dia absen usai mendapat kartu merah saat matchday pertama di Israel (6/9). Tanpa Chiellini, maka defense Italia bermain tanpa trio BBC. Selain Bonucci, di lini belakang Italia menyisakan Andrea Barzagli dalam trio defense langganan Italia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan