Italia 1 v Swedia 0, Masih Haus Kemenangan

bandungekspres.co.id, TOULOUSE – Italia menang tipis 1-0 atas Swedia di Stadium Municipal, Toulouse, Jumat (17/6) di matchday kedua Grup E Piala Eropa 2016. Gol penentu kemenangan Italia dicetak Eder di babak kedua. Dengan hasil ini Italia memastikan lolos ke babak perdelapan-final Euro 2016.

Swedia di awal babak pertama langsung menekan. Peluang perdana didapat Zlatan Ibrahimovic. Namun wasit menganggap terjadi pelanggaran di depan gawang Buffon.

Italia perlahan mencoba mengimbangi permainan. Kesempatan didapat Florenzi, tapi bola dengan mudah diamankan kiper Swedia Isaksson.

Hingga laga memasuki menit 20 Swedia masih mendominasi permainan. Peluang kembali didapat Ibrahimovic menit 27, tapi sundulannya masih melambung jauh di atas mistar gawang Buffon.

Lima menit sebelum babak pertama berakhir, tempo permainan Swedia mulai mengendor. Kondisi ini dimanfaatkan Italia untuk membuka serangan.

Namun, sejauh itu serangan yang disusun Florenzi maupun Pelle masih dengan mudah dimentahkan pemain belakang Swedia. Hingga babak pertama usai kedudukan imbang 0-0.

Italia sempat membuat lini belakang Swedia kalang kabut. Pelle yang tak terkawal bek lawan menerobos hingga kotak penalti Swedia. Namun, tendangan yang dilepaskannya melebar dari sasaran.

Permainan di awal babak kedua berjalan seimbang. Italia kini lebih banyak mengambil inisiatif penyerangan.

Menit 61 lewat serangan cepat Florenzi memberikan umpan kepada Candreva. Tapi, Isaksson degnan sigap memotong bola.

Italia masih mengendalikan pertandingan. Masuknya Zaza menggantikan Pelle menambah kepercayaan diri di kubu Italia sementra di kubu sang lawan, Swedia masih butuh lebih banyak suplai kepada Ibrahimovic.

Peluang terbaik Swedia didapat menit 71. Bola yang mengarah kepada Ibrahimovic gagal diselesaikan dengan baik, padahal gawang sudah dalam keadaan kosong.

Menit 81 Italia nyaris membuka keunggulan. Sayang sundulan Parolo masih membentur mistar gawang.

Gol yang dinanti-nanti Italia akhirnya tercipta menit 88. Eder yang menerima umpan dari Zaza melepaskan tembakan keras ke sudut gawang Isaksson.

Antonio Conte sendiri meminta Italia tetap mengincar kemenangan atas Rep. Irlandia di laga ketiga mereka di fase grup, meski sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2016.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan