Iriana Kampanye Pencegahan Kanker Serviks

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (PASE-KK), meninjau pelaksanaan Pekan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (serviks) Pada Perempuan di Puskesmas Kecamatan Senen (Jakarta Pusat), Selasa (11/10) pagi.

Dalam peninjauan itu, Ibu Negara menyempatkan berdiskusi dengan masyarakat mengenai kelancaran pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) tes. Iriana juga mengajak masyarakat untuk berperan serta dalam menyosialisasikan betapa pentingnya pelaksanaan tes IVA guna mencegah dan mendeteksi dini kanker serviks pada perempuan.

“Beri tahu ke teman-temannya untuk tes IVA, jangan takut dan jangan malu ya, Bu,” ajak Iriana.

Selain itu, Ibu Negara juga meminta pihak Puskesmas agar dapat lebih aktif mengajak masyarakat untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker. Hal itu ditekankannya mengingat masih adanya warga yang belum terdaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Untuk warga yang belum terdaftar, saya minta pihak Puskesmas jemput bola,” ujarnya.

Ibu Negara berharap dengan adanya kegiatan tersebut timbul kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara dini agar bisa ditemukan penyakit kanker sedini mungkin sehingga dapat meningkatkan cakupan serta capaian deteksi dini di Indonesia yang masih rendah.

Pelaksanaan Pekan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim itu digelar pada 11 hingga 19 Oktober 2016, di lima puskesmas di DKI Jakarta, yaitu: Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo (Jakarta Timur), Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu (Jakarta Selatan), Puskesmas Kecamatan Senen (Jakarta Pusat), Puskesmas Tambora (Jakarta Barat), dan Puskesmas Kecamatan Papanggo (Jakarta Utara).

Seperti diketahui, kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia setelah penyakit kardiovaskular. Bahkan berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, yang menyatakan bahwa prevalensi tumor atau kanker di Indonesia adalah 1,4 per 1.000 penduduk, atau sekitar 347.000 orang. Oleh sebab itu, ke depannya deteksi dini kanker diharapkan tidak hanya dapat menurunkan angka kematian akibat kanker, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup penderitanya.(es/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan