Histori Masih Milik Azzurri

Jerman butuh mengembalikan nama besarnya. Die Mannschaft, julukan Jerman, yang berstatus juara dunia empat kali plus juara Eropa tiga kali tersebut kena malu setelah dibekuk 3-2 oleh Inggris di Olympiastadion Berlin Minggu (27/3) lalu.

Yang menjadi sasaran amuk dari Thomas  Mueller dkk ini adalah Italia. Dijadwalkan Jerman menjamu Azzurri–julukan Italia– pada dini hari nanti (30/3) di Allianz Arena.

Kalau Jerman menuai malu, Italia tidak demikian. Gianluigi Buffon dkk hanya bermain imbang 1-1 lawan Spanyol pada Jumat (25/3) lalu di Stadion Friuli Udine.

Der trainer Jerman Joachim Loew seperti diberitakan ESPN kemarin (28/3) menyadari kini sorotan banyak tertuju kepada skuadnya. Dalam 16 laga pasca menjadi juara dunia di Piala Dunia 2014 lalu, Jerman memiliki statistik sembilan menang, dua imbang, dan enam kalah.

’’Sebagai juara dunia secara otomatis tim Anda akan menjadi unggulan dalam setiap turnamen. Namun di Prancis mendatang, kami berhadapan dengan Prancis, Spanyol, Italia, dan Belgia yang sama-sama berambisi,” kata Loew.

Buat pria berusia 56 tahun itu lini belakang timnya harus disolidkan. Ditinggal Philipp Lahm pensiun usai Piala Dunia 2014 lalu Jerome Boateng dan Holger Badstuber cedera, tampaklah nyata jika Jerman harus waspada menjelang Euro 2016 ini.

Duet bek Jerman Mats Hummels-Antonio Rudiger yang menjadi dua pilar di jantung pertahanan saat lawan Inggris besar kemungkinan akan disubstitusi. Whoscored memprediksi Jonathan Tah-Shkodran Mustafi akan diduetkan oleh Loew.

’’Pemain bertahan kami terlalu memberikan kelonggaran penyerang lawan. Dari rekaman video lawan Inggris terlihat bagaimana defense kami tidak seapik offense,” ucap Loew.

Menghadapi Italia, Loew memutar otak lebih keras ketimbang biasanya. Italia yang punya pertahanan rapat juga tak akan mudah diterobos oleh Mueller dkk.

Apalagi fakta histori, Jerman selalu kesulitan mengalahkan Italia. Dalam 32 pertemuan, Italia menang 15 kali. Jerman hanya mengoleksi tujuh kemenangan. Sepuluh laga lainnya berakhir imbang.

Mau tahu kapan terakhir kali Jerman bisa menang atas Italia? Kejadiannya sudah lama berlangsung atau 21 tahun silam. Tepatnya 21 Juni 1995. Jerman menang 2-0 atas Italia saat itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan