Hari Pahlawan, Uang NKRI Dilaunching

bandungekspres.co.id, JAKARTA –Ada yang berbeda dalam perayaan Hari Pahlawan tahun ini. Perayaan yang dilakukan tiap 10 November itu akan disertai launching uang Rupiah NKRI. Uang dengan desain baru itu memiliki cirri khusus, yakni memuat 12 gambar pahlawan nasional.

Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial (Kemensos) Hartono laras menuturkan, hal ini merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Adapun uang yang dikeluarkan meliputi, tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam.

”Ada agenda khusus dalam perayaan Hari Pahlawan nanti. Yakni, launching uang NKRI dengan gambar pahlawan nasional di masing-masing pecahan uang tersebut,” ujarnya ditemui usai rapat pleno persiapan perayaan Hari Pahlawan, di Jakarta, kemarin (21/9).

Hartono menyebut, ada 12 pahlawan yang dimasukkan dalam desain baru uang NKRI tersebut. Di antaranya Dr (HC) Ir Soekarno dan Dr (HC) Drs Mohammad Hatta, Ir H Djuanda Kartawidjaja, Dr GSSJ Ratulangi, Frans Kaisiepo, Dr KH Idham Chalid, Mohammad Hoesni Thamrin, Tjut Meutia, I Gusti Ketut Pudja, Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang, Dr Tjiptomangunkusumo dan Prof Dr Ir Herman Johannes.

”Hal ini sebagai upaya penanaman nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme dan semangat untuk membangun bangsa untuk terus menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Disinggung soal usulan pahlawan nasional tahun ini, Hartono menuturkan, ada lima nama baru yang diajukan ke Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Ada pula tiga nama lain yang tersisa dari list yang diajukan tahun lalu. Penganugerahan ini dilakukan rutin tiap tahunnya.

Nama calon pahlawan nasional dibahas terlebih dahulu di tingkat daerah. kemudian, dibahas dipusat dan diajukan ke Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan sebelum akhirnya diputuskan presiden. ”Kita tunggu saja nanti keputusan bapak presiden,” ujarnya.

Rencananya, puncak perayaan Hari Pahlawan nanti akan diadakan di tiga lokasi. Yakni, TMP Kalibata, Jakarta; Tugu Pahlawan, Surabaya dan perairan teluk Jakarta untuk tabur bunga. ”Tabur bunga rencananya dilakukan oleh ketua DPR. Sementara jadwal di Surabaya dan Jakarta, masih menunggu. Apakah Presiden yang ke Surabaya dan Wapres ke TMP Kalibata atau sebaliknya,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan