Harga Sembako Cenderung Stabil

bandungekspres.co.id,CIMAHI – Menjelang tibanya bulan Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok di beberapa pasar yang ada di Kota Cimahi masih relatif stabil.

Menurut Putu, salah seorang  pedagang beras di Pasar Atas Baru, harga beras  di tingkat distributor harganya  sudah mulai naik Rp 50 ribu/kg, namun untuk tingkat pengecer harga masih biasa belum ada kenaikan dan untuk stoknya masih banyak tersedia.  “Harga beras menjelang Ramadan tahun ini masih relatif stabil dan stok juga masih banyak tersedia, sehingga masih mencukupi kebutuhan masyarakat,” terangnya, di Pasar Atas Baru, kemarin.

Sedangkan Yayah Syadiah, pedagang sembako,  untuk kebutuhan  bahan pokok memang sudah mulai naik namun belum signifikan kecuali untuk gula pasir, kacang serta bawang putih yang sudah mulai melambung harganya. ’’Untuk harga gula pasir meningkat sampai Rp 750 ribu/ karung dari harga sebelumnya yang hanya Rp 525 ribu/karung, belum lagi harga kacang yang naik sampai Rp 2.000/kg, serta bawang putih yang dulu Rp 26 ribu sekarang jadi Rp 32 ribu,” ujarnya.

Kepala Pasar Atas Baru Syahrizal Yusuf mengungkapkan, pihaknya setiap hari melakukan pantauan harga sejumlah komoditi untuk dilaporkan kepada dinas dan bisa diakses secara daring di internet. Perkembangan harga kebutuhan pokok yang dijual di Pasar Atas, Pasar Cimindi, dan Pasar Melong setiap harinya dilakukan pemantauan, sehingga saat ada gejolak harga bisa langsung dilakukan langkah penanganannya.

Sementara menjelang tibanya bulan Ramadan, jika memang ada kenaikan harga kebutuhan pokok yang melambung, pihaknya akan melakukan operasi pasar, supaya harga kebutuhan pokok tidak terlalu memberatkan masyarakat. Menjelang Ramadan ini, harga gula pasir yang sudah mulai naik tetapi kenaikannya belum signifikan. “Kami sudah merencanakan melakukan operasi pasar ketika kenaikan harganya sudah memberatkan masyarakat, tinggal waktunya yang akan ditentukan,” ungkapnya. (bun/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan