Gubernur Jabar Ganjar Masyarakat Berprestasi

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Sedikitnya ada 14 warga masyarakat Jawa Barat (Jabar) mendapatkan Anugerah Inovasi dan Prakarsa dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Penghargaan tersebut didedikasikan karena mereka sudah memberikan kemajuan bagi Provinsi Jabar.

Kepala Biro Pengembangan Sosial Setda Pemprov Jabar Rudi Gandakusuma mengatakan, ke-14 warga yang berprestasi tersebut terbagi menjadi tiga katagori penghargaan. Di antaranya lima orang mendapat anugrah Inovasi, empat orang Anugerah Prakarsa dan lima orang Anugrah Pelopor Pemberdayaan Masyarakat.

”Pemprov telah memberikan anugrah ini untuk yang keenam kalinya untuk penghargaan Inovasi. Sedangkan Anugerah Prakarsa adalah yang keempat dan untuk Anugrah Pelopor adalah yang kedua,” jelas Rudi di Gedung Sate, kemarin (15/8).

Dirinya menuturkan, penilai terhadap warga berprestasi ini tidak sembarangan. Sebab, mereka telah lolos dari verifikasi tim yang terdiri atas akademisi dan pakar dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Jabar.

Selain itu, kata dia, untuk bidang penghargaannya terdiri atas delapan delapan bidang. Rinciannya, Bidang Pendidikan, Kesehatan, Pangan, Energi, Seni Budaya, Pariwisata, Infrastruktur, Lingkungan Hidup.

Di tempat sama, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, pelaku pembangunan di Jabar sebenarnya tidak hanya berpusat di pemerintah. Tapi, masyarakat juga berperan besar. ”Mereka yang diberikan penghargaan ini tidak tergantung oleh dana dari pemerintah,” tegas kepala daerah yang akrab disapa Kang Aher ini.

”Ini yang sangat saya (Gubernur Jawa Barat, Red) apresiasi.  Sebab, mereka adalah mitra pemerintah Provinsi Jabar,” jelas Aher.

Dia menuturkan, para penerima penghargaan merupakan relawan yang mau bekerja dengan ikhlas untuk kepentingan masyarakat. Dengan begitu, pencapaian efektivitas, efesiensi dan pengaplikasiannya berjalan cepat. Dan hasilnya sangat luar biasa bagus.

Aher menilai, penghargaan pemberdayaan masyarakat adalah bentuk pengakuan dari Pemprov Jabar. Baik kepada individu, organisasi, atau kelompok masyarakat yang telah membuat kemajuan untuk masyarakat Jabar.

Aher mengaku, sampai saat ini belum banyak masyarakat yang mendapat penghargaan. Tapi dia menjanjikan, ke depan pemberian penghargaan akan memicu kelompok masyarakat lainnya agar bisa memberikan andil terhadap pembangunan di Jabar atas inisiatif sendiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan