Giring Masyarakat Baca Buku secara Digital

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – PT Telkomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menjalin sinergi dengan PT Balai Pustaka (Persero) untuk menghadirkan 1.000 Telkom e-Book Corner atau Pustaka Digital (PaDi) pada tahun 2016.

SVP Departemen Synergy Achmad Sugiarto mengatakan, PaDi merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) Telkom. Pihaknya akan memberikan akses PaDi secara gratis kepada pembaca.

Media digital diharapkan dapat mengubah pengalaman masyarakat dalam membaca atau belajar. Artinya belajar tidak hanya mengunakan text book, namun juga dapat menggunakan animasi atau multimedia sehingga belajar pun menjadi lebih menyenangkan.

Akses PaDi sendiri dilakukan melalui Qbaca, platform e-book store atau toko buku digital komersial milik Telkom. Dalam penyediaan buku digital. Telkom menggandeng Balai Pustaka sebagai salah satu bentuk sinergi BUMN, di mana Telkom berperan sebagai delivery channel dari buku terbitan Balai Pustaka.

”Sehingga saat ini, masyarakat dapat membaca buku-buku menarik seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wick, Salah Asuhan, Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma, Di Bawah Lindungan Ka’bah, Siti Nurbaya, Laskar Pelangi dan bermacam-macam buku lainnya,” ujar Sugiarto.

PaDi saat ini telah tersedia di 34 provinsi di Indonesia dan lebih dari 200 lokasi PaDi. Di wilayah Jawa Barat, telah tersedia 24 lokasi PaDi di sejumlah Wifi Corner (WiCo) dan Plasa Telkom yang tersebar di Kawarang, Purwakarta, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Indramayu, Sukabumi, Cianjur, dan Bandung. Jumlah ini akan terus bertambah untuk mendukung target 1.000 lokasi PaDi di 2016.

Menurut dia, pengembangan teknologi digital dan pemanfaatannya oleh masyarakat secara luas telah menjadi perhatian Telkom. Sebagai BUMN yang berada di depan dalam pengembangan teknologi di Indonesia Telkom ikut bertanggung jawab mendorong pembentukan masyarakat digital Indonesia. (fik)

Tinggalkan Balasan