Gerakan Opsih Sabilulungan Terus Digalakkan

bandungekspres.co.id, CANGKUANG – Karena kepedulian akan kebersihan, Forum Masyarakat Kota (

opsih
IGUN RUCHIAT/SOREANG EKSPRES
LANGSUNG DIKERUK: Dinas Bina Marga Kabupaten Bandung mengerahkan alat berat untuk mengeruk sampah.

bergabung dengan sejumlah SKPD menyukseskan gerakan Opsih Sabilulungan. Upaya ini dilakukan dengan turut  membersihkan dan mengakut tumpukan sampah berbulan bulan di sepanjang Jalan Raya Gandasari-Cangkuang, kemarin (13/5).

”Program Opsih terhadap lingkungan merupakan salah satu program nyata Formaskot. Oleh karena itu, saya mengintruksikan kepada para anggota untuk bergabung dengan dinas dalam kegiatan gerakan Opsih sabilulungan,” jelas Pandu Gelar Merdeka, Ketua Umum Formaskot di lokasi kegiatan kepada Soreang Ekspres (Bandung Ekspres grup) kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan melibatkan sejumlah dinas itu, di antaranya Dinas Perumahan, Tata Ruang dan Keberihan, Dinas Binamarga dan Dinas Perhubungan serta Muspika setempat.

Gerakan Opsih Sabilulungan tersebut, kata dia, dipelopori pemerintah Kecamatan Cangkuang karena lokasi tumpukan sampah berada di pembina wilayah Kecamatan Cangkuang-Katapang, Kabupaten Bandung. Menurutnya, program opsih lingkungan merupakan salah satu program nyata Formaskot.

”Jadi dengan adanya kegiatan ini saya mengimbau kepada para anggota untuk ikut bergabung dan ikut serta membersihkan lokasi yang penuh dengan tumpukan sampah,” paparnya.

Untuk mengantisipasi kejadian yang sama, Pandu juga mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, tanpa adanya kesadaran masyarakat kebersihan di lokasi ini takkan pernah terwujud.

Menurut dia, dampak langsung dan tidak langsung dari sampah tersebut akan dirasakan bersama. Khususnya masyarakat yang berada di kawasan tersebut. Dampak jangka panjangnnya, kata dia, menjadi sumber penyakit.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada pemerintah agar menerapkan sanksi sesuai aturan yang berlaku. Dengan harpaan, memberikan efek jera kepada pelaku pembuang sampah sembarangan.

Dia mengaku, setuju dengan rencana pemerintah untuk mengadakan operasi tangkap tangan bagi yang membuang sampah sembarangan. Dia juga mengimbau kepada anggota Formaskot agar membantu pemerintah untuk memantau OTT (operasi tangkap tangan) pembuang sampah sembarangan itu.

Sementara itu, Kepala Uptd Sapras PU Wilayah II Margahayu Drs Budi Hermawan menjelaskan, kegiatan Opsih Sabilulungan sudah rutin dilaksanakan. Namun kali ini, dilaksanakan dengan melibatkan beberapa dinas, karena tumpukan sampah di lokasi tersebut mencapai 20 truk lebih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan