Genjot Sektor UKM

[tie_list type=”minus”]Dorong SDM untuk Meningkatkan PAD[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Keterbatasan Sumber daya alam dan minimnya wisata tidak membuat Pemkot Cimahi berkecil hati. Untuk menggali sumber pendapatan, dilakukan dengan menggenjot sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Atas dasar itu, Pemkot Cimahi menggandeng Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) untuk merealisasikannya.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi Dantje Sunanda mengatakan, pihaknya akan mendorong dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). ”Kita tetap optimis dalam keadaan keterbatasan wilayah tetap bisa menggali potensi PAD,” ungkap Dantje Sunanda disela kegiatan Rapat kerja Dekopinda Kota Cimahi, di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Rabu (6/1) kemarin.

Menurut dia, dari keterbatasan SDA dan minimnya Wisata Alam, Pemkot Cimahi berinovasi mencari terobosan baru memajukan Perekonomian lokal. ”Ya, kita dorong SDM pelaku Usaha Cimahi untuk pintar dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada pelaku usaha untuk kreatif menghasilkan produk unggulan Cimahi yang berkualitas dan disukai semua orang,” katanya.

Sedangkan Ketua Dekopinda Kota Cimahi Wazirdal Nasir mengungkapkan, Raker Masyarakat Koperasi ini tujuannya untuk penguatan manajemen dan kelembagaan koperasi, meningkatkan SDM dalam pengelolan, optimalisasi usaha koperasi, dan pembentukan koperasi produktf di 15 Kelurahan se-Kota Cimahi serta meningkatkan angka kesejahteraan anggota koperasi sebesar 15 persen pertahun. ”Rapat kerja ini untuk penguatan fungai kelembagaan Dekopinda di daerah Cimahi dan lembaga non teknis lainnya,” Kata Warzidar.

Wazir berharap, dari rapat kerja ini menghasilkan fungsi badan dan lembaga teknis Dekopinda Kota Cimahi lebih optimal, dan bisa terealisasi program di tahun 2016 ini. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan