Forkis Gelar Kolaborasikan Karya Seni

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Satu lagi aktvitas seni akan dipertontonkan para seniman Kota Cimahi dalam wakrtu dekat ini. Sebuah pameran seni lukis, fotografi dan sejumlah lomba akan menjadi kolaborasi menarik bagi publik seni.

Menurut Ketua Forum Pelukis (Forkis) Kota Cimahi, aktivitas seni yang bertajuk Cimahi Art and Photografy Ekhibition 2016 akan digelar pada 29 dan 30 Juli 2016 di Gedung The Historich Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi.

”Even ini merupakan aktivitas seni yang bisa kami laksanakan pada tahun ini dengan melibatkan seniman lukis dan pematung dari Kota Cimahi dan dari luar Kota. Ajang ini juga merupakan sarana ekspresi dari para seniman di Kota Cimahi khususnya para pelukis,” terang Ketua Forkis Agus Hmdani, kemarin.

Dijelaskannya, selain pameran lukisan dan photografy, pameran juga akan diisi beberapa agenda diantaranya, lelang lukisan, phoyografy dan patung, lomba mewarnai, lomba photography, body painting, serta ada pemecahan Rekor dari Original Rekor Indonesia (ORI). ”Selain mengkolaborasikan antara beberapa jenis seni rupa, pameran juga melibatkan para model. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Seksi Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi,” katanya.

Agus melanjutkan, ajang pameran yang dilakukan selain untuk menjadi sarana kreativitas para seniman, juga untuk memberikan kesempataan kepada masyarakat Kota Cimahi khusunya dalam memberikan ruang apresiasi hasil karya seni dari para seniman Kota Cimahi, serta dalam mendukung Kota Cimahi sebagai kota kreatif.

Selama ini biasanya Forkis hanya sebagai pelengkap kegiatan berkesenian yang diselenggarakan oleh dinas tersebut. Kepercayaan ini tentunya tidak terlepas dari kiprah anggota Forkis dalam berkesenian, terutama dalam bidang seni lukis. ”Kami merasa bangga atas kepercayaan yang diberikan Pemkot Cimahi. Kegiatan ini bukan saja menjadi angin segar bagi seniman untuk berkarya, tetapi juga bisa menumbuhkan minat berkesenian bagi masyarakat di Kota Cimahi,” ujarnya.

Dia berharap, kreativitas para seniman ini terus mendapat support dari pemerintah, sehingga terjalin sinergi yang berujung pada meningkatnya prestasi para pelaku seni yang bisa membawa harum nama Cimahi di even regional, nasional, bahkan internasional. ”Acara pameran lukisan ini diikuti oleh 9 (sembilan) pelukis anggota Forkis yaitu Agus Hamdani, Bahar Malaka, Hamdani, Ade Mulyana, Muhammad Nur, Bambang Sumantri, Wani Jaya Langit, Nurhadi dan Nevia Erista Nefo. Selain itu juga didukung oleh pelukis senior Cimahi, Priyadi yang dikenal dengan julukan ”Pelukis Naga” dan para pelukis dari luar Cimahi, diantaranya Budi Wahyuno (Gunung Kidul – Jogjakarta), Ola Manelo (Bandung), Budi baksil (Bandung), Ardiyan Syah (Madura) dan Balchi (Jawa Tengah). (bun/asp)

Tinggalkan Balasan