Flyover Antapani Jadi Kado Tahun Baru

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Hingga saat ini Kota Bandung belum bisa dilepaskan dari imej macet. Hanya saja, hal itu tak lantas membuat Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berhenti berinovasi.

Salah satunya dengan meresmikan jembatan layang (flyover) Antapani yang sedianya akan resmi dibuka pada malam Tahun Baru 2017, Sabtu (31/12).

”Akan dibuka resmi hari Sabtu (hari ini, Red),” tegas Ridwan Kamil, belum lama ini.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Dinas Perhubungan bersama aparat kepolisian sebelumnya telah melakukan uji coba perdana untuk mengecek pola lalu lintas di jembatan sepanjang 400 meter itu. ”Diharapkan Sabtu tahun baruan, selamat tahun baru di Antapani,” ujarnya.

Emil mengatakan, jembatan layang Antapani punya penampilan cukup menarik. Seluruh tembok jembatan layang penuh dengan mural karya seniman asal Bandung, John Martono.

”Karena unik, jadi desainnya tidak seragam dengan yang lain, spesial hanya untuk Antapani. Muralnya oleh John Martono, pelukis abstrak Bandung,” ungkapnya.

”Adapun makna yang tertuang dalam mural flyover Antapani tersebut ’Lihat masa depan jangan menengok masa lalu’,” tambahnya.

Pembangunan jembatan layang Antapani dibuat untuk memecah kemacetan di persimpangan sebidang Antapani, tepatnya di Jalan Jakarta.

Jembatan layang Antapani merupakan proyek percontohan hasil inovasi dari Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jembatan layang yang menelan anggaran Rp 33,5 miliar itu menggunakan teknologi struktur baja bergelombang dengan kombinasi mortar busa.

Teknologi ini memiliki keunggulan, yakni proses konstruksi yang lebih cepat sekitar 50 persen dibandingkan pembangunan dengan struktur beton bertulang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, uji coba flyover tersebut cukup berhasil. Dari atas relatif selesai tidak ada hambatan atau handicap. Hanya dari Kiaracondong ada botlleneck dari tiga lajur menjadi satu lajur. Sedang di atas flyover terdapat dua lajur dari dan menuju Antapani. ”Kami masih menunggu keputusan Dirjen Perhubungan kapan akan diresmikannya flyover ini,” jelas Didi.

Pada kesempatan yang sama, Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiono memaparkan, uji coba tersebut berhasil mengurai kepadatan di Jalan Terusan Jakarta, Antapani menuju Jalan Jakarta dan Ahmad Yani. Sebelum ada flyover warna-warni, kepadatan kendaraan di Jalan Terusan Jakarta memang kerap terjadi pukul 06.00 hingga pukul 08.00. (dn/bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan