Fly Over Padasuka Tunggu Izin

CIMAHI – Dua proyek pembangunan infrastruktur yang menjadi priorotas bakal dilaksanakan Pemerintah Kota Cimahi pada tahun ini. dua proyek yang sudah direncanakan tersebut yaitu pembangunan Technopark di Lapangan Krida Utama dan Pembangunan Flay Over Padasuka di Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah. Hal ini seperti dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi Ahmad Nuryana.
”Untuk pembangunan fly over, kami masih menunggu proses izin dari Kementerian Perhubungan, sedangkan untuk pembangunan technopark sedang dalam proses pelelanngan,” kata Ahmad, usai menghadiri Syukuran HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) di Jalan Baros, Kecamatan Cimahi Selatan, Senin (7/3) kemarin.
Menurut dia, proses izin pembangunan fly over Padasuka harus disampaikan kepada Kementerian Perhubungan, karena fly over tersebut harus melewati jalan kereta api di sekitar lokasi pembangunan. Jika perizinan dari Kementerian Perhubungan sudah tuntas, maka pembangunan fly over tersebut akan segera dilakukan.
Menurut rencana, pembangunan fly over Padasuka akan menghubungkan jalur lalu lintas dari Kota Cimahi menuju kearah Kabupaten Bandung Barat, sehingga akan mengurangi kepadatan arus lalu lintas di tengah kota. ”Sekarang kami sedang menunggu izin tersebut dikeluarkan oleh kementerian,” jelasnya.
Sedangkan untuk pembangunan Technopark, proses lelangnya sedang dipersiapkan. Sehingga diharapkan pada April 2016 sudah dilakukan pembangunannya. Pihaknya meminta partisipasi dari masyarakat agar ikut mendukung pelaksanaan pembangunan Technopark tersebut untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pengembangan teknologi di Kota Cimahi.”Mudah-mudahan pada April ini pembangunan Technopark bisa dilaksanakan,” ungkapnya.
Seperti diberitakan koran ini sebelumnya, Anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi Enang Sahri Lukmansyah menuturkan, jika pembangunan fly over bisa terlaksana, selain menjadi infratruktur untuk sarana transportasi masyarakat, juga akan sangat menunjang akses menuju venue untuk dua cabang olahraga (Cabor) di Pekan Olahraga Nasional yang digelar di Kota Cimahi. Dua cabor itu yakni balap sepeda dan menembak.
Dikatakan Enang, untuk anggaran pembangunan fly over Padasuka tersebut, awalnya akan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bantuan Gubernur sebesar Rp 30-40 miliar. Tetapi ada perubahan, dananya berasal dari PBD Kota Cimahi sekitar Rp 23 Miliar lebih. Jika anggaran tersebut sudah dianggarkan di awal tahun anggaran 2016, maka semestinya pembangunannya bisa selesai di 2016 ini. ”Lebih cepat itu akan lebih baik, Kalau kegiatan non fisik menurut laporan dari Dinas PU sudah tidak ada masalah,” sebutnya. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan